Mengenal Bodi Bus Legacy SR2 Transporter, Bisa Angkut Motor

Kompas.com - 29/07/2021, 15:01 WIB
Transporter dari Laksana Karoseri LaksanaTransporter dari Laksana

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbagai jenis bus beredar di Indonesia, mulai dari High Decker (HD), Super High Decker (SHD) sampai bus tingkat. Setiap bodi bus punya keunggulannya masing-masing.

Misalnya bus HD memiliki bisa dipasang ke sasis dengan GVW 16 ton dan paling ekonomis. Sedangkan SHD, baru bisa dipasang ke sasis dengan GVW 18 ton dan memiliki bagasi yang ekstra luas, bahkan bisa masuk motor.

Lalu bagaimana jika budget terbatas, hanya bisa membeli sasis dengan GVW 16 ton namun ingin memiliki bagasi yang luas?

Baca juga: Mau Kredit Toyota Rush, Berapa Gaji Minimal supaya Lolos Leasing?

Bus AKAP PO Sinar Jaya Legacy SR2 TransporterDOK. LAKSANABUS Bus AKAP PO Sinar Jaya Legacy SR2 Transporter

Untuk sasis seperti Mercedes 1626 yang memiliki GVW 16 ton namun tidak bisa dipasang ke bodi SHD, bisa memesan bodi Mid-High Decker (MHD). Salah satu produk dari bodi MHD ini adalah buatan karoseri Laksana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, bodi dengan tinggi setara bus HD namun punya bagasi yang bisa dimasuki motor dinamakan Legacy SR2 Transporter.

“PO Sinar Jaya menjadi yang pengguna pertama untuk bodi Transporter di tahun 2018,” ucap Werry kepada Kompas.com, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Rp 90 Jutaan, Dapat Jazz sampai CR-V

Werry mengatakan, hadirnya bus Transporter ini memang berdasarkan kebutuhan dari customer untuk bagasi yang luas, namun tidak butuh sasis yang terlalu mahal. Manfaatnya, bus bisa menampung banyak barang bawaan penumpang.

“Sebenarnya ini kita ciptakan untuk mengakomodasi penumpang yang mudik dengan membawa kendaraan juga. Jadi motor bisa masuk ke bagasi bus,” kata Werry.

bus karoseri tentremKompas.com/Fathan Radityasani bus karoseri tentrem

Bodi Transporter ini memiliki tinggi bagasi sekitar 1 meter, sehingga motor bisa masuk ke dalam. Jika dibandingkan dengan tinggi bagasi bus SHD, bedanya sekitar 15 cm saja, tidak terlalu jauh.

Selain Laksana, karoseri lain pun membuat bodi bus yang serupa, tidak tinggi namun bisa mengangkut motor di bagasi. Misalnya seperti Jetbus 3+ MHD (Adiputro), Avante H8 (Tentrem), dan New Patriot (Morodadi Prima).



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.