Pebalap Veteran Cerita Suka Duka Motor Balap 500 cc 2-tak

Kompas.com - 27/07/2021, 11:02 WIB
Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-tak YOAV LEMMERValentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-tak

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP dimulai sejak 2002 hingga sekarang. Sebelumnya, kelas utama masih menggunakan motor balap 2-tak dengan kapasitas 500 cc.

Meski hampir dua dekade sejak era 2-tak digantikan oleh MotoGP yang menggunakan motor 4-tak, tapi kelas tersebut masih membuat banyak penggemar dan para pebalap terkesima.

"Saya cukup beruntung bisa memenangi gelar juara dunia 500 cc terakhir dan gelar MotoGP pertama, ini adalah salah satu sorotan dalam karir saya," ujar Valentino Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Melihat Peluang Dovizioso Kembali ke MotoGP

Rossi yang sudah meraih sembilan kali gelar juara dunia merupakan salah satu dari sedikit pebalap yang merasakan balapan di dua era tersebut.

"Sekarang, motor MotoGP memiliki banyak elektronik, sehingga lebih mudah untuk membuka gas. Dengan motor 500 cc, kami tidak memiliki elektronik, Anda yang lebih mengontrolnya," kata Rossi.

Mick Doohan di atas motor balap 500 cc 2-takFRANCIS SILVAN Mick Doohan di atas motor balap 500 cc 2-tak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alex Criville, juara dunia 500 cc pada 1999, mengatakan, top speed motor saat itu hanya 320 km/jam dan dirinya sudah terkesima dengan itu.

"Ketika Anda membuka gas, ada dua kali lipat tenaga dibandingkan motor 250 cc. Itu tidak mudah untuk dikendalikan," ujar Alex.

Mick Doohan, lima kali juara dunia 500 cc, mengatakan, motor balap di era tersebut ibarat monster liar yang cantik.

Baca juga: Daftar Fitur Keamanan yang Wajib Ada di Sirkuit MotoGP

"Anda harus mengendarai motor dengan putaran mesin di rentang 3.000 rpm atau 4.000 rpm. Jika tidak, Anda berada di zona bahaya, dan Anda lihat pebalap lain terbang ke udara. Tidak ada kontrol traksi saat itu," kata Doohan.

Loris Capirossi, yang sekarang menjadi bagian dari Safety Advisor untuk Dorna Sports, mengatakan, dirinya saat itu sering kali mengalami highside.

Valentino Rossi dan Loris Capirossi di atas motor balap 500 cc 2-takANNA ZIEMINSKI Valentino Rossi dan Loris Capirossi di atas motor balap 500 cc 2-tak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.