PPKM Diperpanjang, Samsat di Jawa Tengah Tutup Lebih Cepat

Kompas.com - 27/07/2021, 06:39 WIB
Seorang warga berjalan menuju Kantor Samsat Kota Tegal di Jalan Kapten Sudibyo Kota Tegal Jawa Tengah, Kamis (18/6/2020) KOMPAS.com/Tresno SetiadiSeorang warga berjalan menuju Kantor Samsat Kota Tegal di Jalan Kapten Sudibyo Kota Tegal Jawa Tengah, Kamis (18/6/2020)

SEMARANG, KOMPAS.com - Adanya PPKM Darurat di seluruh wilayah di Jawa dan Bali berdampak langsung pada sektor pelayanan masyarakat. Apalagi dengan adanya perpanjangan masa PPKM hingga 2 Agustus mendatang.

Salah satu sektor pelayanan masyarakat yang terpaksa membatasi jam layanannya adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) sebagai lokasi pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Untuk diketahui bersama, layanan di kantor Samsat umumnya beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 14.00, tergantung kebijakan masing-masing daerah.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Ini Titik Penyekatan dan Penutupan Jalan di Solo

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BAPENDA_JATENG (@bapenda_jateng)

Di wilayah Jawa Tengah, pelayanan Samsat di kantor induk tiap daerah pun mengalami perubahan jam operasional guna mengikuti aturan pembatasan kegiatan masyarakat selama masa PPKM ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari akun instagram resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Tengah di @bapenda_jateng, Senin (26/7/2021), kantor Samsat di tiap daerah memberlakukan jam buka pelayanan setengah hari.

Lebih detail, pada hari Senin-Kamis jam pelayanannya pukul 08.00-13.00 WIB. Lalu untuk hari Jumat pada pukul 08.00-11.30 WIB. Lantas pada hari Sabtu pelayanan buka pada pukul 08.00-12.00 WIB.

Baca juga: Catat, Penggolongan SIM C Mulai Berlaku Agustus 2021

sejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat.ari purnomo sejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat.

Dari informasi yang diumumkan oleh Bapenda Jawa Tengah tersebut, pemberlakuan jam buka setengah hari ini berlangsung hingga Senin (2/8/2021).

Perlu diingat, pemberlakuan sistem jam operasional ini hanya diterapkan di kantor induk tiap daerah saja. Sebab beberapa daerah di Jawa Tengah masih menutup sementara layanan Samsat keliling dan kantor Samsat pembantu selama PPKM berlangsung.

Demi mempermudah masyarakat Jawa Tengah dalam menunaikan kewajibannya membayar pajak kendaraan tahunan, Bapenda Jawa Tengah pun memfasilitasi sistem pembayaran secara daring melalui aplikasi SAKPOLE.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.