Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Dampak PPKM Darurat Bagi Honda

Kompas.com - 26/07/2021, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya perpanjangan PPKM Darurat yang berganti nama menjadi PPKM Level 4 sampai 2 Agustus 2021, memberikan dampak pada penjualan mobil.

Hal tersebut karena turunnya pemesanan imbas ragam aturan pembatasan. Kondisi ini pun dirasakan PT Honda Prospect Motor (HPM), yang pemesanan unitnya mengalami penurunan sepanjang adanya PPKM Darurat.

Contoh untuk Honda City Hatchback, pengganti Honda Jazz yang tiap bulanya berada di kisaran 900 sampai 1.000 unit, mulai turun saat pemberlakuan PPKM.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Begini Aturan Operasional Transportasi Umum

"Pada masa PPKM Darurat bulan ini mengalami penurunan pemesanan. Kita masih monitor, sekitar 5-10 persen dibanding periode yang sama," ujar Business Inovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, kepada Kompas.com, Minggu (25/7/2021).

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Meskipun demikian, Billy menjelaskan bila dari sisi performa penjualan sendiri, sejauh ini ini untuk jajaran produknya masih sejalan dengan target yang telah ditetapkan.

Sementara mengenai produksi dan proses pengiriman ke konsumen, dilakukan dengan menyesuaikan regulasi yang berlaku.

Baca juga: Harga Honda HR-V di Yogyakarta Turun sampai Rp 7 Juta

"Penjualan Honda saat ini masih sejalan dengan target, dan kami masih terus closely monitor market untuk menyesuaikan strategi dalam kondisi yang masih belum stabil," ucap Bully.

Honda BrioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Brio

"Mengenai produksi dan delivery, kami juga menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku, sambil terus mengoptimalkan kapasitas yang ada untuk dapat memenuhi permintaan konsumen dalam waktu secepatnya," kata Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com