Begini Dampak PPKM Darurat Bagi Honda

Kompas.com - 26/07/2021, 14:31 WIB
Honda City Hatchback di IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda City Hatchback di IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya perpanjangan PPKM Darurat yang berganti nama menjadi PPKM Level 4 sampai 2 Agustus 2021, memberikan dampak pada penjualan mobil.

Hal tersebut karena turunnya pemesanan imbas ragam aturan pembatasan. Kondisi ini pun dirasakan PT Honda Prospect Motor (HPM), yang pemesanan unitnya mengalami penurunan sepanjang adanya PPKM Darurat.

Contoh untuk Honda City Hatchback, pengganti Honda Jazz yang tiap bulanya berada di kisaran 900 sampai 1.000 unit, mulai turun saat pemberlakuan PPKM.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Begini Aturan Operasional Transportasi Umum

"Pada masa PPKM Darurat bulan ini mengalami penurunan pemesanan. Kita masih monitor, sekitar 5-10 persen dibanding periode yang sama," ujar Business Inovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy, kepada Kompas.com, Minggu (25/7/2021).

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun demikian, Billy menjelaskan bila dari sisi performa penjualan sendiri, sejauh ini ini untuk jajaran produknya masih sejalan dengan target yang telah ditetapkan.

Sementara mengenai produksi dan proses pengiriman ke konsumen, dilakukan dengan menyesuaikan regulasi yang berlaku.

Baca juga: Harga Honda HR-V di Yogyakarta Turun sampai Rp 7 Juta

"Penjualan Honda saat ini masih sejalan dengan target, dan kami masih terus closely monitor market untuk menyesuaikan strategi dalam kondisi yang masih belum stabil," ucap Bully.

Honda BrioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Brio

"Mengenai produksi dan delivery, kami juga menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku, sambil terus mengoptimalkan kapasitas yang ada untuk dapat memenuhi permintaan konsumen dalam waktu secepatnya," kata Billy.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.