Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi yang Dibawa Wuling Selalu Jadi Trendsetter

Kompas.com - 26/07/2021, 11:16 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.comWuling Motors genap berusia 4 tahun di Indonesia. Pertama, merek otomotif asal China itu meramaikan pasar mobil di Tanah Air pada 11 Juli 2017 dengan mendirikan pabrik seluas 60 hektar bersama supplier park yang berlokasi di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.

Seiring berjalannya waktu, produk yang ditawarkan Wuling mulai Confero, Cortez, hingga Almaz berhasil diterima dengan baik oleh masyarakat.

Bahkan stigma negatif soal produk China itu menjadi bias, karena semua produk yang dijual Wuling di Indonesia berhasil banyak terjual.

Bukan tanpa bukti, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Wuling langsung masuk 10 besar, dan berjajar dengan merek-merek besar yang sudah lebih lama menguasai pasar.

Baca juga: Dapat Diskon PPnBM, Harga Wuling Almaz Mulai Rp 250 Jutaan

Berdasarkan data Gaikindo hingga pertengahan tahun ini, Wuling merupakan satu-satunya merek dari luar Jepang yang berhasil duduk di peringkat sembilan.

Bukan hanya itu, Wuling juga berhasil menjadi merek otomotif yang selalu menjadi trendsetter dalam menghadirkan produk dan inovasi di Indonesia.

Wuling AlmazDok. Wuling Motors Wuling Almaz

Pertama, Wuling berhasil menghadirkan produk low multi purpose vehicle (LMPV) yang memiliki harga setara mobil murah alias low cost green car (LCGC). Bahkan, fitur yang ditawarkannya pun cukup komplet, seperti pengereman sudah ABS dan dilengkapi EBD.

Fitur lainnya, tire pressure monitoring system (TPMS) immobilizer, smart key, dan anti-theft system. Bahkan remote kunci bisa membuka kaca mobil dari jauh, buat menyejukkan kabin sebelum masuk mobil.

Fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang ditampilkan pada meter cluster.Ghulam/KompasOtomotif Fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang ditampilkan pada meter cluster.

Tak berhenti sampai disitu saja, pabrikan asal Tiongkok ini juga kembali menjadi trendsetter dalam hal inovasi fitur.

Wuling membawa teknologi mesin turbo pada Sport Utility Vehicle (SUV) pertamanya di Indonesia, bahkan harga yang ditawarkannya pun cukup terjangkau, yakni hanya Rp 300 jutaan.

Eksterior Wuling Almaz Limited EditionWuling Motors Eksterior Wuling Almaz Limited Edition

Bahkan, teknologi mesin turbo itu juga disematkan pada produk Medium MPV-nya, yakni Cortez. Tren inilah yang juga diikuti oleh pabrikan otomotif lain yang ada di Indonesia.

Inovasi selanjutnya begitu keren, di mana Wuling menyematkan fitur perintah suara (voice command) berbahasa Indonesia.

Produk yang memiliki inovasi fitur ini, yakni Almaz dan Almaz RS. Pada umumnya, teknologi perintah suara itu menggunakan bahasa Inggris, tetapi ini bahasa Indonesia.

Terakhir atau di tahun ke empat ini, Wuling 2021 Wuling menyajikan inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang merupakan perpaduan dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driving Assistance System (ADAS) pada Almaz RS.

Car Of The Year - Otomotif Award 2021 Wuling Almaz RS.Dok. Tabloid Otomotif Car Of The Year - Otomotif Award 2021 Wuling Almaz RS.

Inovasi di Layanan Purna Jual

Ilustrasi bengkel WulingWuling Ilustrasi bengkel Wuling

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com