PPKM Level 4, Catat Titik Penyekatan di Kota Surakarta

Kompas.com - 23/07/2021, 14:12 WIB
Pasar Klewer Solo yang ditutup selama PPKM Darurat. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPasar Klewer Solo yang ditutup selama PPKM Darurat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 di Jawa dan Bali hingga 25 Agustus 2021.

Untuk diketahui, Kota Solo, Jawa Tengah sendiri masuk ke dalam wilayah PPKM level 4. Untuk itu pelaksanaan PPKM di Solo sendiri akan diterapkan lebih ketat guna mencegah persebaran virus Covid-19.

Kasatlantas Polresta Surakarta Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mengatakan, penyekatan di dua titik lokasi akan dilakukan di perbatasan Kota Solo.

Selain itu terdapat beberapa ruas jalan yang ditutup untuk mengurangi mobilitas warga. Penyekatan dan penutupan jalan tersebut dilakukan hingga 25 Juli mendatang.

Baca juga: Imbas Rocky Pamor Sirion Redup, Begini Kata Daihatsu

“Untuk penutupan dan penyekatan masih akan berlangsung hingga 25 Juli sesuai dengan jadwal perpanjangan,” kata Adhyt, Jumat (23/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adhyt mengatakan, penutupan jalan di Solo diharapkan dapat mengurangi mobilitas warga demi keamanan bersama. Selain itu, dengan adanya perpanjangan PPKM ini dapat membuat masyarakat lebih tertib aturan protokol kesehatan.

Polisi memberhentikan mobil berplat nomor luar kota saat dilakukan Razia Penyekatan di perbatasan masuk Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (3/7/2021). Pada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat petugas gabungan dari Kepolisian dan Satpol PP melakukan penyekatan terhadap kendaraan dari luar kota dan memeriksa indentitas penumpang untuk mengurangi mobilitas guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA Polisi memberhentikan mobil berplat nomor luar kota saat dilakukan Razia Penyekatan di perbatasan masuk Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (3/7/2021). Pada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat petugas gabungan dari Kepolisian dan Satpol PP melakukan penyekatan terhadap kendaraan dari luar kota dan memeriksa indentitas penumpang untuk mengurangi mobilitas guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

Sampai saat ini, ada delapan ruas jalan utama di Kota Solo yang dilakukan penutupan. Delapan titik tersebut antara lain:

-Jl. Urip Sumoharjo, dari simpang empat utara Pasar Gedhe sampai dengan simpang empat Panggung.
-Jl. Piere Tendean, dari simpang lima uatara jembatang keris sampai dengan simpang tiga Palang Joglo.
-Jl. Yos Sudarso, dari simpang empat Gemblegan sampai dengan simpan empat Nonongan.
-Jl. Gatot Subroto, dari simpang empat Sraten sampai dengan simpang empat Ngarsopuro.
-Jl. Dr Radjiman, dari Pasar klewer sampai dengan simpang empat Singosaren.
-Jl. Slamet Riyadi, dari bundaran Gladang sampai dengan simpang empat Gendengan.
-Jl. Sutan Syahrir, dari simpang tiga Apotek widuran sampai dengan simpang empat Pasar Legi.
-Jl. Adi Sucipto, jalur masuk kota dari simpang tiga Tugu Makuto sampai dengan simpang empat patung Wisnu.

Adapun kendaraan yang boleh melintas di ruas jalan yang ditutup yakni kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, iring-iringan pengantar jenazah, kendaraan TNI dan Polri, kendaraan Satgas PPKM Darurat, serta konvoi atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca juga: Regulasi Baru di India, Mencopot Spion Garansi Motor Hangus

Sementara itu ada dua pos penyekatan yang juga masih tetap diberlakukan, yakni pos penyekatan Faroka yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan Jl. Ir. Sutami (Jurug) yang berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar.

Bagi kendaraan luar kota yang akan masuk Kota Solo diimbau untuk membawa dokumen lengkap terkait syarat perjalanan luar kota baik surat tugas, bukti vaksin, dan tes antigen. Petugas akan melakukan putar balik kendaraan yang tidak membawa dokumen lengkap.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.