Suzuki Luncurkan Mobil Listrik pada 2025, Harga Mulai Rp 198 Jutaan

Kompas.com - 21/07/2021, 14:21 WIB
Konsep mobil listrik Suzuki e-Survivor www.autoevolution.comKonsep mobil listrik Suzuki e-Survivor
|

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki akan segera meluncurkan mobil listrik pertamanya pada tahun fiskal 2025. Dengan masuknya Suzuki, artinya semua merek otomotif ternama asal Jepang sudah masuk pasar mobil listrik semua.

Dilansir dari Nikkei Asia (21/7/2021), model EV pertama Suzuki akan meluncur di India, lalu menyusul setelahnya di Jepang dan Eropa.

Menariknya, mobil listrik ini akan dibanderol murah, yakni mulai 1,5 juta yen atau setara Rp 198 jutaan. Jelas ini bakal jadi mobil listrik termurah yang bakal tersedia di pasaran nantinya.

Baca juga: SIM Mati Saat PPKM Darurat, Mulai Hari Ini Ada Dispensasi

Komposisi kabin Maruti Wagon R.Autojunction Komposisi kabin Maruti Wagon R.

Peluncuran mobil listrik murah di India bukan tanpa sebab. Di pasar mobil terbesar kelima di dunia, penjualan EV tengah melambat.

Padahal India telah memasang target untuk menjual sebanyak 30 persen dari total kendaraan baru pada 2030.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencapai itu, pemerintah India telah menawarkan insentif kepada pembeli EV, senilai 100 miliar rupee atau setara Rp 18 triliun selama periode tiga tahun mulai tahun 2019.

Baca juga: Pedrosa Resmi Balapan Lagi Bela KTM pada MotoGP Styria

Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.M Lulut Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.

Pemerintah India pada bulan Juni lalu juga memutuskan untuk memperpanjang langkah-langkah insentif selama dua tahun lagi.

Untuk diketahui, Suzuki memiliki pangsa pasar sekitar 50 persen di India. Dengan menambahkan EV ke jajarannya, pabrikan berharap untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya di pasar.

Suzuki juga berencana menambah investasi senilai 1 triliun yen atau setara atau setara Rp 132 triliun pada Maret 2026 untuk penelitian dan pengembangan kendaraan elektrifikasi.

Baca juga: PPKM Darurat Berlanjut, Ini Aturan Baru Perjalanan Transportasi Darat

Taiwan rajai industri mobil listrikDok. Pixabay.com Taiwan rajai industri mobil listrik

Sebagai bagian dari peralihan ke kendaraan bertenaga listrik, Suzuki juga telah menawarkan mobil hybrid di India.

Saat ini, perusahaan juga memiliki rencana produksi baterai lithium-ion di India dengan menggandeng Denso dan Toshiba, yang rencananya akan rampung pada September mendatang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X