Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Suzuki A100 Lawas Dijual Mulai Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 12/07/2021, 16:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Perkembangan zaman dan teknologi saat ini, kehadiran sepeda motor canggih semakin banyak. Model dan desainnya juga beragam. Namun hal tersebut tak lantas mengakibatkan motor produksi lawas kehilangan peminat.

Melihat pasar motor bekas, di masa pandemi seperti saat ini banyak orang yang mencari motor lawas. Biasanya motor lawas tersebut akan direstorasi kembali untuk dijadikan barang koleksi, hanya sekadar dipakai sehari-hari, atau bahkan dijual kembali.

Baca juga: 9 Merek Helm Para Pebalap MotoGP, Ada Helm Buatan Indonesia

Salah satu motor lawas yang dicari saat ini, yakni Suzuki A100. Motor ini mulai diproduksi oleh Suzuki Motor Corporation sejak 1966 di Jepang dan diluncurkan di Indonesia pada 1973.

Suzuki A100 adalah motor pertama Suzuki dengan ukuran bodi yang sangat ramping dan hemat bahan bakar.

A100 menjadi salah satu yang akan dipamerkan untuk bernostalgia dengan sepeda motor motor Suzuki jadul di ajang Indonesia Motorcycle History (IMH).istimewa A100 menjadi salah satu yang akan dipamerkan untuk bernostalgia dengan sepeda motor motor Suzuki jadul di ajang Indonesia Motorcycle History (IMH).

Suzuki A100 mempunyai kemampuan mesin yang cukup andal di zamannya. Suzuki A100 dibekali dengan mesin 98 cc dua langkah silinder tungal. Dengan mesin tersebut Suzuki A100 mampu mencapai kecepatan 100 km/jam pada jalan datar, tetapi kondisi nyaman didapat pada kecepatan 70 km/jam.

Baca juga: PPnBM 0 Persen, Ini Harga Terbaru Avanza di Jawa Tengah

Marwan, salah satu pemilik diler motor bekas Marwan Motor di Solo, Jawa Tengah mengatakan, saat ini memang banyak yang mencari Suzuki A100.

"Suzuki A100 itu harga pasarannya kalau sudah bagus, dicat bagus kondisi masih normal itu  sekitar Rp 6 jutaan. Banyak itu sekarang yang cari," kata Marwan saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Sedangkan jika masih dalam kondisi seadanya dan masih berupa bahan, Marwan mengatakan Suzuki A100 biasanya dijual dengan harga Rp 4 jutaan.

Selain Suzuki A100, motor lawas dengan perbandingan yang hampir sama pada tahun keluarnya, yakni Yamaha RS100 dan Kawasaki KH100.

Beberapa motor antik dijejerkan di showroom motor antik Arif Nugrahadi Beberapa motor antik dijejerkan di showroom motor antik

Menilik harga Suzuki A100 di pasar motor bekas online, redaksi Kompas.com menemukan beberapa motor Suzuki A100 yang dijual. Dengan kondisi bagus dan memiliki surat lengkap, Suzuki A100 dijual dengan harga Rp 6 jutaan sampai dengan Rp 9 jutaan.

Baca juga: Perbandingan Mesin Staria dan Alphard, Siapa Lebih Bertenaga?

Bahkan ada yang menjual Suzuki A100 tahun 1986 dengan keadaan orisinil dan masih kondisi bagus dengan harga Rp 12 juta.

Sedangkan untuk Suzuki A100 dengan kondisi seadanya, dijual antara Rp 2 jutaan sampai dengan Rp 5 jutaan. Banderol yang ditawarkan tergantung dengan kondisi kendaraan dan kelengkapan dokumennya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com