Hari Ini Sanksi Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan di Tulungagung

Kompas.com - 21/07/2021, 13:12 WIB
Ruas jalan di Kabupaten Tulungagung yang dipasang kamera ETLE statis Ruas jalan di Kabupaten Tulungagung yang dipasang kamera ETLE statis

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) menjadi sistem tilang yang diberlakukan secara nasional sejak bulan Maret 2021 silam.

Sejumlah daerah pun kini telah melaksanakan program tilang elektronik tersebut tanpa terkendala dengan nomor polisi kendaraan dari luar wilayah terkait. Dengan kata lain, pelaksanaan ETLE bisa lintas provinsi.

Di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, kamera ETLE statis telah dipasang di Simpang Empat Tamanan sejak Maret 2021. Meski begitu, selama empat bulan pertama sejak pemasangan, Satlantas Polres Tulungagung belum memberlakukan sanksi pelanggaran secara efektif.

Baca juga: SIM Mati Saat PPKM Darurat, Mulai Hari Ini Ada Dispensasi

Ilustrasi kamera tilang elektronikhttps://ntmcpolri.info/ Ilustrasi kamera tilang elektronik

Satlantas menekankan proses sosialisasi terlebih dahulu kepada para pelanggar aturan lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE. Lantas mulai hari ini, Rabu (21/7/2021), sanksi pelanggaran lalu lintas akan diberlakukan secara penuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami terapkan sanksi mulai 21 Juli 2021," ungkap Kasatlantas Polres Tulungagung AKP Bayu Agustyan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/7/2021).

Bayu mengungkapkan, awalnya pemberian sanksi pelanggaran tilang elektronik direncanakan mulai berlaku dua minggu usai pemasangan. Namun ternyata sistem tilang ini masih banyak membuat bingung para pelanggar. Oleh karenanya diputuskan program sosialisasi dilanjutkan lebih lama.

Baca juga: PPKM Darurat Berlanjut, Ini Aturan Baru Perjalanan Transportasi Darat

Ilustrasi surat tilang elektronik.Dok. Bambang Widjo Purwanto Ilustrasi surat tilang elektronik.

Ia menilai, setelah empat bulan sejak pemasangan kamera ETLE statis, masyarakat Tulungagung sudah memahami sistem tilang elektronik dan bagaimana cara membayar dendanya.

Sejak pemasangan kamera ETLE statis, rata-rata tertangkap sebanyak 10 pelanggaran tiap hari. Pelanggar paling banyak adalah pengemudi mobil yang melewati batas marka lampu lalu lintas.

Dengan mulai diberlakukannya sanksi efektif, mulai hari ini pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE akan dikirimi surat tilang ke alamat sesuai nomor kendaraan yang melanggar.

Jika denda tidak dibayar, maka STNK kendaraan tersebut akan diblokir. Blokir STNK akan dibuka jika sanksi sudah dibayarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.