Jalanan Lengang, Mobilitas Masyarakat Saat Liburan Idul Adha Berkurang

Kompas.com - 21/07/2021, 14:01 WIB
Perugas Kepolisian dan TNI menjaga penyekatan jalan di pusat Kota Tasikmalaya saat PPKM Darurat diperpanjang sampai tanggal 25 Juli 2021. KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAPerugas Kepolisian dan TNI menjaga penyekatan jalan di pusat Kota Tasikmalaya saat PPKM Darurat diperpanjang sampai tanggal 25 Juli 2021.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyatakan bahwa arus lalu lintas di ruas tol yang mengarah DKI Jakarta saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah cukup lengang.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, data tersebut berdasarkan pantauan langsung di 15 titik pos penyekatan PPKM darurat di batas kota.

"Tidak terpantau adanya peningkatan volume arus mudik ke luar kota," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Ada Perubahan, Simak Aturan Baru Perjalanan Darat Saat Liburan Idul Adha

Petugas gabungan Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor meminta dokumen perjalanan kepada pengendara saat melakukan penyekatan di pintu keluar Tol Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat  Jawa Barat, Minggu (18/7/2021). Penyekatan kendaraan di gerbang tol pintu keluar menuju jalur wisata Puncak selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat itu untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan kendaraan selain plat (F) akan diputar balik. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.hp.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Petugas gabungan Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor meminta dokumen perjalanan kepada pengendara saat melakukan penyekatan di pintu keluar Tol Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jawa Barat, Minggu (18/7/2021). Penyekatan kendaraan di gerbang tol pintu keluar menuju jalur wisata Puncak selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat itu untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 dan kendaraan selain plat (F) akan diputar balik. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.hp.

Sementara itu, lebih dari 1.000 unit kendaraan telah diputar balik di titik penyekatan Kilometer 31 Tol Jakarta-Cikampek.

Para pengendara diminta melakukan hal tersebut lantaran tidak bisa menunjukkan dokumen perjalanan lengkap. Mayoritas kendaraan yang diputar balik ialah mobil pribadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, Polda Metro Jaya bersama jajaran TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menambah titik pos penyekatan PPKM Darurat.

Kini, pos penyekatan tersebut berlaku di 100 titik, termasuk 15 titik di antaranya ditetapkan di dalam Gerbang Tol (GT) Batas Kota.

Baca juga: Video Klip Merangkum Beragam Cara Bodoh Menjemput Maut di Jalan Raya

Polisi mengeklaim kepadatan di pos penyekatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di kawasan PT Panasonic, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, berkurang.TRIBUN JAKARTA/BIMA PUTRA Polisi mengeklaim kepadatan di pos penyekatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di kawasan PT Panasonic, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, berkurang.

Berikut 15 titik pembatasan mobilitas di dalam tol batas kota:

1. GT Cikarang Pusat
2. GT Cibatu
3. GT Cikarang Barat
4. GT Tambun
5. GT Bekasi Timur
6. GT Bekasi Timur
7. Offramp Bukopin
8. Offramp Tegal Parang
9. Offramp Polda
10. Offramp DPR/MPR
11. Offramp Darmais
12. Offramp Farmasi
13. Offramp Semanggi
14. Offramp Pancoran
15. Offramp Desari

Tak hanya itu, pihak keamanan juga menerapkan pembatasan mobilitas di batas kota. Adapun lokasinya tersebar di 10 titik, sebagai berikut:

1. Pasar Jumat (Tangerang Selatan, Jakarta Selatan)
2. Lenteng agung (Depok, Jakarta Selatan)
3. Budi luhur (Tanggerang, Jakarta Selatan)
4. Kalideres (Tangerang Kota)
5. Panasonic (Depok, Jakarta Timur)
6. Kalimalang (Bekasi Kota)
7. Sumber Arta (Bekasi Kota)
8. Harapan indah (Bekasi Kota)
9. Bintaro (Tangerang Kota)
10. Batu ceper (Tangerang Kota)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.