Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Klip Merangkum Beragam Cara Bodoh Menjemput Maut di Jalan Raya

Kompas.com - 21/07/2021, 12:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan raya bukanlah tempat untuk bermain-main saat berkendara. Diperlukan tanggung jawab yang besar, karena jalan raya digunakan oleh semua orang.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @jpry14, dapat dilihat beragam cara bodoh yang banyak dilakukan pengendara motor untuk menjemput maut.

Paling banyak dilakukan berkendara tanpa menggunakan helm. Tak sedikit pengendara motor yang masih menyepelekan fungsi dari pelindung kepala tersebut.

Baca juga: Balap Liar Saat PPKM Darurat, Catat Ini Ancaman dan Hukumannya

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana menegaskan bahwa penggunaan helm wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi.

Kurangnya pendidikan tentang keselamatan berkendara bagi para pengendara motor menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jopray (@jpry14)

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ujar Agus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, aksi balap liar juga jadi salah satu yang disorot dalam video tersebut. Belakangan ini, aksi balap liar marak dilakukan meski di tengah pandemi.

Baca juga: Pahami Lagi Pentingnya Pakai Helm Saat Naik Motor

Berdasarkan data NTMC Polri, petugas lalu lintas yang tergabung dalam jajaran Polres di berbagai wilayah sudah sering menindak aksi balap liar dan melakukan penyitaan motor.

Beberapa di antaranya ialah, 50 unit motor di Polres Singkawang, 90 motor di Polres Blitar, 14 motor di Polres Bengkulu, serta 29 motor di Polres Tuban. Penyitaan dilakukan dalam durasi waktu yang serupa.

Aksi balap liar kerap diunggah di media sosialDok. YouTube Aksi balap liar kerap diunggah di media sosial

"Kita sudah sering melakukan penertiban aksi balap liar ini karena selain mengganggu juga membahayakan. Namun, seakan mereka tidak jera," kata Kabag Ops Polres Tuban Kompol Budi Santoso dalam keterangan tertulis, beberapa waktu lalu.

Masih banyak lagi kebiasaan para pengendara motor di dalam video tersebut yang sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan, seperti aksi wheelie di jalan raya, lawan arah, menerobos lampu merah, merokok sambil berkendara, berboncengan tiga orang, menyetop truk yang sedang melaju, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com