Kompas.com - 20/07/2021, 10:42 WIB
Yamaha RX King Cobra Putih 1983 yang dijual dengan harga Rp 125 juta instagram.com/arifkingpriokYamaha RX King Cobra Putih 1983 yang dijual dengan harga Rp 125 juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, mobilitas jadi sangat terbatas. Sehingga, sepeda motor yang biasa digunakan untuk beraktivitas sehari-hari jadi lebih banyak diam di garasi.

Dengan lebih banyak waktu di rumah, masyarakat bisa memanfaatkan waktu luang untuk berbagai kegiatan lain yang positif. Salah satunya adalah melakukan perawatan berkala pada sepeda motor kesayangannya.

Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman mengatakan, pemilik motor bisa melakukan pengecekan dan pembersihan ringan pada beberapa komponen. Hal ini agar kendaraan tetap dalam kondisi yang prima meskipun tidak digunakan dalam waktu lama.

Baca juga: Motor Parkir Lama Selama PPKM Darurat, Waspada Aki Tekor

"Pengguna motor wajib mengetahui beberapa komponen yang perlu dilakukan perawatan dan memahami cara pemeriksaannya dengan benar," ujar Ade dalam keterangan resminya.

Berikut beberapa bagian sepeda motor yang perlu diperiksa agar kondisi motor tetap terjaga dengan baik, di antaranya:

1. Sistem Bahan Bakar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi Karet Tutup Tangkiaselimalang.com Ilustrasi Karet Tutup Tangki

Periksa sistem saluran bahan bakar, mulai dari bagian tutup tangki hingga tangki bahan bakar. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan jika ada kebocoran bahan bakar maka akan tercium oleh hidung.

“Jika ada kebocoran, hindari dari percikan api dan segera menghubungi AHASS terdekat agar segera bisa dilakukan tindakan perbaikan,” kata Ade.

Baca juga: 9 Cara Rawat Vespa Matik di Rumah Saat PPKM Darurat

2. Oli Mesin

Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin motor (Shutterstock/kasarpstudio) Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin motor

Periksa ketinggian oli mesin menggunakan stik oli pada kondisi motor diletakkan di posisi standar tengah (main stand). Kapasitas oli normal jika permukaan oli masih berada di atas garis lower dan di bawah garis upper pada ujung stik oli. Saat melakukan pemeriksaan kapasitas oli, posisi stik oli tidak boleh diulir ke dalam. Selain itu, periksa juga apakah ada kebocoran oli di sekitar mesin atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X