Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kali Juara Dunia WorldSBK, Jonathan Rea Ternyata Baru Punya SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Jonathan Rea merupakan pebalap yang sangat diperhitungkan. Dia sudah meraih gelar juara dunia World Superbike (WorldSBK) enam kali berturut-turut.

Meski demikian, bukan berarti pebalap asal Irlandia Utara ini biasa mengendarai sepeda motor di jalan raya. Faktanya, Rea baru saja berhasil mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Hal tersebut diketahui dari video yang diunggah di akun YouTube milik Jonathan Rea. Dalam video tersebut, Rea sedang berada di tempat kursus mengemudi.

Rea mengatakan, saat ujian praktik justru mudah, ketika dia harus membuat figur angka delapan, bermanuver, pengereman mendadak, dan kemampuan dasar berkendara lainnya.

Beberapa waktu lalu, Rea juga sudah mengikuti ujian teori tertulis dan berhasil lulus. Rea pernah mengikuti ujian untuk mendapatkan SIM saat di Isle of Mann sebelumnya. Namun, dirinya gagal dalam ujian tersebut.

"Saya telah lulus, sangat senang dengan ini semua. Hanya di satu persimpangan saya sempat kebingungan, tidak dapat mendengar instruksi, mungkin karena radionya," ujar Rea.

Rea mengatakan, ketakutan terbesarnya justru saat berkendara di jalan raya. Pejalan kaki dan mobil membuatnya kagok, karena memang dua hal tersebut juga tidak pernah ditemuinya di trek saat balapan.

"Saya tidak pernah terpikir jika itu membuat berkendara di jalan raya sangat sulit," kata Rea.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/17/130200515/6-kali-juara-dunia-worldsbk-jonathan-rea-ternyata-baru-punya-sim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke