Vaksinasi Gratis Kemenhub Mulai Berjalan di Terminal Tipe A

Kompas.com - 16/07/2021, 17:31 WIB
Penumpang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (3/1/2021). Berdasarkan data Dishub Terminal Kampung Rambutan per tanggal 2 Januari 2021 jumlah penumpang bus yang tiba di Jakarta sebanyak 34.220 penumpang, sementara pemudik yang diberangkatkan menuju luar Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan sebanyak 15.059 penumpang. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAPenumpang tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (3/1/2021). Berdasarkan data Dishub Terminal Kampung Rambutan per tanggal 2 Januari 2021 jumlah penumpang bus yang tiba di Jakarta sebanyak 34.220 penumpang, sementara pemudik yang diberangkatkan menuju luar Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan sebanyak 15.059 penumpang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan program vaksinasi gratis bagi mitra darat, Kamis (15/7/2021). Program ini dilakukan di 12 lokasi Terminal Tipe A yang ada di Pulau Jawa.

Seperti dijelaskan sebelumnya, progam vaksinasi gratis diberikan bagi awak bus, agen, tenat yang ada di terminal, serta sopir angkutan perkotaan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk kebutuhan vaksinasi dengan target mencapai 10.000 dosis vaksin.

Baca juga: Nekat Bawa Penumpang Tanpa Syarat, Kemenhub Kandangkan 2 Bus AKAP

"Saat ini sedang kami siapkan program vaksinasi dengan tim vaksinator dari BKKBN. Kami menargetkan mitra perhubungan yang akan divaksinasi mencapai 10.000 orang, hingga saat ini ada 7.173 peserta yang sudah terdaftar," ujar Budi dalam keterangan resminya, Kamis (15/7/2021).

Program vaksinasi Kemenhub bagi mitra daratKEMENHUB Program vaksinasi Kemenhub bagi mitra darat

Pada tahap awal, pemberian vaksin gratis bagi pengemudi bus, kondektur dan mitra lainnya dimulai dari dua terminal di Jawa Barat, yakni Guntur dan Indihiang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk Terminal Guntur yang berada di Garut, Kemenhub memberikan 340 dosis vaksin. Sementara di Terminal Indihiang Tasikmalaya, sebanyak 320 vaksin.

"Untuk Terminal Leuwipanjan akan dilakukan 16 Juli 2021," kata Budi.

Baca juga: Kemenhub Gelar Vaksinasi Gratis bagi Awak Bus di 12 Terminal

Sementara terminal Tipe A lainnya, mulai dari Provinsi Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, Budi mengakta sudah dikoordinasikan masing-masing Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPDT) kepada Dinas Kesehatan.

Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa TengahArif Nugrahadi Bus AKAP di terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah

Namun secara kondisi pada masing-masing Dinas Kesehatan di provinsi, kota, dan kabupaten memang belum tersedia vaksin. Dengan demikian, proses pelaksanaannya masih menunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.