Di Masa Pandemi, Kredit Motor Bekas Jadi Alternatif

Kompas.com - 13/07/2021, 10:12 WIB
Motor Bekas KOMPAS.com/GilangMotor Bekas
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor bekas merupakan alternatif mendapat kendaraan dengan harga terjangkau. Tapi kadang hal itu masih terbentur jika tidak punya uang tunai.

Pilihan lainnya ialah membeli motor bekas dengan cara kredit. Konsepnya sama seperti motor baru, yakni pakai cicilan tiap bulan, tapi unitnya motor bekas.

Baca juga: Insentif PPnBM Diperpanjang, Ini Harga Toyota Raize di Yogyakarta

Darwin Danubrata, dari showroom Songsi Motor Jagakarsa, Jakarta Selatan mengatakan, jika beli kredit pasti akan terkena bunga tapi harga motornya sudah lebih murah.

Honda Vario di pedagang motor bekas Talenta MotorKOMPAS.com/Gilang Honda Vario di pedagang motor bekas Talenta Motor

"Contoh Aerox baru 2021 dan seken 2019 beda dua tahun, angsurannya yang 35 bulan, bisa Rp 300.000-Rp 400.000 sebulan. Kalau dikalikan Rp 400.000 kali 35 bulan, Rp 14 juta," kata Darwin kepada Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Ganti Ban Standar Motor Jangan Kelewat Lebar, Ini Alasannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Darwin mengatakan, di tempatnya peminat motor bekas kredit cukup stabil.

"Sebulan bisa 40 unit motor, mayoritas (pembelian) kredit. Jenis motornya Aerox, Nmax, Beat dan Vario. Itu paling banyak," katanya.

"Tapi ada juga beberapa motor sport yang fairing, itu juga banyak. Seperti CBR150R dan YZF-R15 sebulan bisa dua-sampai tiga unit," kata Darwin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.