Ulas Lengkap Humanity Food Bus Buatan Karoseri Laksana

Kompas.com - 13/07/2021, 10:02 WIB
Humanity Food Bus buatan Laksana pesanan ACT DOK. LAKSANABUSHumanity Food Bus buatan Laksana pesanan ACT

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Laksana belum lama ini merilis bus bertajuk Humanity Food Bus pesanan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Seperti namanya, bus ini berfungsi sebagai dapur umum berjalan.

Secara umum, dimensinya tetap mirip layaknya bus besar. Namun, bagian kabin sudah dirombak total, bagian depan memang tetap bisa mengangkut beberapa penumpang, sedangkan di belakang, penuh dengan peralatan dapur.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, untuk semua peralatan dapur di bus ini, dibuat dari stainless steel agar awet dan tahan lama. Bagian kaca samping juga bisa dibuka untuk sirkulasi udara yang lebih baik ketika memasak.

Baca juga: Berkaca dari Kecelakaan Bus di Tol Pemalang, Ini Bahaya Berkendara di Lajur Kanan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu di bagian dapur umum juga dibuat dua pintu, di bagian tengah dan belakang. Sedangkan untuk masuk ke kabin pengemudi, ada pintu lainnya yang berada di depan.

“Kabin depan bisa untuk delapan orang ditambah pengemudi dan kernet, jadi total bisa 10 orang di depan. Kita juga desain bus ini seefisien mungkin untuk penggunaannya,” ucap Werry kepada Kompas.com, Minggu (11/7/2021).

Kemudian di bagian samping bus juga dibuat tangga lipat yang bisa dioperasikan secara manual, tombol elektrik, atau dengan smartphone. Begitu juga ada empat lampu sorot yang ada di sisi kanan dan kiri bus.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Update Lokasi Penyekatan Jalan di Jabodetabek

Dapur di dalam Humanity Food Bus buatan Laksana pesanan ACTDOK. LAKSANABUS Dapur di dalam Humanity Food Bus buatan Laksana pesanan ACT

“Lampu sorot itu ada di setiap sisi untuk penerangan malam hari. Jadi food bus ini tidak terkendala penggunaannya hanya di siang hari,” kata Werry.

Masih di bagian samping, ada juga videotron yang ada di sisi kiri belakang, dekat tangga belakang. Kemudian juga dipasang 4 jack stand agar stabil ketika bus ini difungsikan sebagai dapur umum di lokasi tertentu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.