Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ulas Lengkap Humanity Food Bus Buatan Karoseri Laksana

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana belum lama ini merilis bus bertajuk Humanity Food Bus pesanan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Seperti namanya, bus ini berfungsi sebagai dapur umum berjalan.

Secara umum, dimensinya tetap mirip layaknya bus besar. Namun, bagian kabin sudah dirombak total, bagian depan memang tetap bisa mengangkut beberapa penumpang, sedangkan di belakang, penuh dengan peralatan dapur.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, untuk semua peralatan dapur di bus ini, dibuat dari stainless steel agar awet dan tahan lama. Bagian kaca samping juga bisa dibuka untuk sirkulasi udara yang lebih baik ketika memasak.

Selain itu di bagian dapur umum juga dibuat dua pintu, di bagian tengah dan belakang. Sedangkan untuk masuk ke kabin pengemudi, ada pintu lainnya yang berada di depan.

“Kabin depan bisa untuk delapan orang ditambah pengemudi dan kernet, jadi total bisa 10 orang di depan. Kita juga desain bus ini seefisien mungkin untuk penggunaannya,” ucap Werry kepada Kompas.com, Minggu (11/7/2021).

Kemudian di bagian samping bus juga dibuat tangga lipat yang bisa dioperasikan secara manual, tombol elektrik, atau dengan smartphone. Begitu juga ada empat lampu sorot yang ada di sisi kanan dan kiri bus.

“Lampu sorot itu ada di setiap sisi untuk penerangan malam hari. Jadi food bus ini tidak terkendala penggunaannya hanya di siang hari,” kata Werry.

Masih di bagian samping, ada juga videotron yang ada di sisi kiri belakang, dekat tangga belakang. Kemudian juga dipasang 4 jack stand agar stabil ketika bus ini difungsikan sebagai dapur umum di lokasi tertentu.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/13/100200015/ulas-lengkap-humanity-food-bus-buatan-karoseri-laksana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke