PPKM Darurat, Akses Bundaran Waru Surabaya Ditutup Total

Kompas.com - 08/07/2021, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melonjaknya kasus Covid-19 khususnya di wilaya Jakarta, membuat pemerintah memutuskan untuk menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat mulai 3-20 Juli 2021.

Sebagai bentuk dukungan atas kebijakan tersebut, Satlantas Polrestabes Surabaya juga melakukan penerapan PPKM Darurat melalui penyekatan jalur perbatasan.

Jika sebelumya, akses penyekatan di Bundaran Waru Surabaya dibuka, pada hari kelima penerapan PPKM Darurat, Rabu (7/7/2021), akses tersebut ditutup total. Alhasil, kemacetan panjang dari arah Waru Sidoarjo menuju Surabaya, serta sebaliknya pun tak dapat dihindari.

Baca juga: PPnBM Diperpanjang, Ini Harga Daihatsu Rocky di Yogyakarta

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta mengatakan, penutupan ini nantinya akan dilakukan evaluasi hingga sepekan ke depan. Dan jika dibutuhkan, penutupan akan dilakukan hingga masa PPKM Darurat berakhir.

“Langkah ini terpaksa dilakukan agar angka penyebaran COVID-19 di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, dapat benar-benar ditekan,” ucap Nico, Rabu (7/7/2021).

Pos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Pos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021).

Nico melanjutkan, keputusan menutup akses pintu masuk Surabaya ini merupakan hasil evaluasi penyekatan.

“Puluhan petugas juga sudah disiagakan, baik dari TNI dan Polri, serta Satpol PP dan Dinas Perhubungan, untuk menghalau warga yang hendak masuk ke Surabaya,” kata dia.

Baca juga: Asosiasi Pengemudi Truk Keluhkan Syarat Tes PCR dan Antigen Berbayar

Meski begitu, tetap ada kendaraan yang diperbolehkan untuk melintas yakni kendaraan yang membawa perlengkapan kesehatan dan orang sakit. Sementara, untuk warga yang berkepentingan masuk ke Surabaya bisa memilih jalan alternatif seperti Jalan Menanggal, Pabrik Paku, atau Jalan Pegesangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.