Komparasi Konsumsi BBM Ninja ZX-25R Vs CBR250RR Vs YZF-R25

Kompas.com - 05/07/2021, 16:12 WIB
Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R untuk harian Kompas.com/DonnyTest ride Kawasaki Ninja ZX-25R untuk harian

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit para pencinta roda dua yang menggunakan motor sport 250 cc untuk berkendara harian. Dengan kapasitas mesin sebesar itu, bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?

Di kelas motor sport 250 cc, sekarang ini diisi oleh Honda CBR250RR, Yamaha YZF-R25, serta Kawasaki Ninja 250 dan Ninja ZX-25R.

Baca juga: Komparasi Kawasaki Ninja ZX-25R Vs Moge Honda dan KTM

Untuk ZX-25R beda sendiri, meskipun kapasitasnya 250 cc, tapi mesin yang digunakan adalah 4-silinder. Sedangkan Yamaha dan Honda, masih memakai mesin 2-silinder.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter KOMPAS.com/Gilang Honda CBR250RR SP Quick Shifter

Yamaha R25 memiliki kapasitas tangki bahan bakar mencapai 14 liter. Untuk konsumsi BBM rata-ratanya, Kompas.com sudah mengujinya beberapa waktu lalu dan mendapatkan 23,2 km/liter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Honda CBR250RR, kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 14,5 liter. Menurut pengujian yang dilakukan Kompas.com, konsumsi BBM rata-ratanya dapat mencapai 31 km/liter.

Baca juga: Komparasi Motor Sport 250 cc, Ninja ZX-25R, CBR250RR, dan YZF-R25

Kawasaki Ninja ZX-25R dapat menampung hingga 15 liter pada tangki bahan bakarnya. Sementara untuk konsumsi BBM rata-ratanya, Kompas.com mendapatkan 30 km/liter untuk mode berkendara L (Low).

Sedangkan pada mode berkendara F (Full), konsumsi BBM-nya sekitar 25 km/liter.

Yamaha YZF-R25 di tes Kompas.comKompas.com/Setyo Adi Yamaha YZF-R25 di tes Kompas.com

Untuk diketahui, hasil konsumsi BBM tersebut dilakukan dengan teknik berkendara yang normal, tidak menggunakan teknik eco riding.

Selain itu, pengetesan juga dilakukan di jalan raya dengan kondisi lalu lintas yang berbeda-beda.

Hasil konsumsi BBM dapat berbeda-beda untuk tiap orang, tergantung juga dari gaya berkendara, bobot yang dibawa, tekanan udara pada ban, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.