Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Sebenarnya Fungsi Speedometer pada Mobil

Kompas.com - 03/07/2021, 11:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap hendak mengendarai suatu mobil, pengemudi akan disajikan layar berupa indikator penunjuk kondisi mesin tepat di balik setir kemudi atau steering wheel.

Dalam dunia otomotif, komponen ini dikenal dengan speedometer. Melalui informasi yang disajikan, Anda bisa mengetahui secara aktual gambaran umum kondisi mobil.

"Mulai dari sisa bahan bakar, kecepatan mobil, hingga jarak tempuh dan temperatur udara," kata Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara dalam keterangannya.

Baca juga: Alasan Dagu Helm Motocross Panjang

range pada speedometerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda range pada speedometer

Lebih jauh, menurut Firmansyah Saftari dalam bukunya "Utak-atik Otomotif", sedikitnya ada enam fungsi speedometer pada mobil.

Pertama, menampilkan informasi tentang kapasitas atau volume bahan bakar. Lalu, menampilkan informasi mengenai kecepatan mobil sehingga pengendara bisa mengatur laju secara optimal.

Ketiga, menampilkan informasi tentang posisi gigi transmisi serta menunjukkan kondisi lampu mobil , baik dalam keadaan menyala ataupun mati.

"Kemudian Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai jarak tempuh yang sudah dilalui dalam satuan kilometer. Terakhir, bisa juga memberikan informasi seputar temperatur udara di sekitar," tulis Firmansyah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Bensin Basi Bisa Bikin Mobil Mogok

Modifikasi speedometer pada mobilSpeedglow Modifikasi speedometer pada mobil

Sehingga, kata Imansyah lagi, speedometer ditambahkan pada mobil bukan sebagai hiasa saja. Komponen ini dirancang untuk memudahkan para pengguna untuk mengetahui kondisi mesin mobil mereka.

"Mengecek speedometer dapat membantu Anda untuk berkendara dengan aman dan nyaman. Risiko terjadinya kecelakaan pun dapat diminimalisir dengan adanya speedometer," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com