Mitos atau Fakta, Bensin Basi Bisa Bikin Mobil Mogok

Kompas.com - 02/07/2021, 11:42 WIB
Karat di sekitar tutup tangki bahan bakar Febri ArdaniKarat di sekitar tutup tangki bahan bakar

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu dampak dari mobil yang diparkir lama terus menerus adalah terjadinya bensin basi. Kondisi ini tentunya dapat berdampak pada performa mobil.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, mengatakan, dalam bensin ada yang namanya olefin. Dengan bantuan oksigen dan panas, antar olefin akan membentuk gum.

Baca juga: Tips Jitu Atasi Masalah Bensin Basi pada Mobil

"Jika muncul gum di bahan bakar, maka gum ini bisa terisap oleh fuel pump dan terbawa ke ruang bakar. Gum itu teksturnya lengket sehingga bisa menyumbat di fuel pump," kata Yus, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel PumpRyan/GridOto.com Illustrasi pompa bahan bakar mobil atau Fuel Pump

Yus mengatakan, putaran dari fuel pump akan berkurang, karena terhambat oleh gum. Saat mesin membutuhkan asupan bensin lebih banyak, mesin jadi tersendat-sendat atau brebet. Sebab, fuel pump tidak bisa menyalurkannya dengan baik karena tersumbat.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, fuel pump yang tersumbat karena kualitas bahan bakar yang buruk punya beberapa gejala yang bisa dirasakan pengemudi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tanda-tanda Bensin Basi di Dalam Tangki Mobil Serta Dampaknya

“Saat sedang berjalan mesin terasa brebet atau tidak mau berakselerasi meski pedal gas sudah diinjak. Bahkan mesin bisa mati secara tiba-tiba,” ujar Didi.

Posisi tutup tangki bensin di mobilStanly/Otomania Posisi tutup tangki bensin di mobil

Didi mengatakan, mesin akan terasa endut-endutan, sampai pada akhirnya mati total dan tidak bisa distarter lagi. Jika konsumen ada yang mengalami kejadian seperti ini, sebaiknya jangan memaksa untuk menghidupkan mesin.

“Biasanya karena indikator bensin masih ada, mobil distarter terus. Padahal fuel pump sudah gagal menyedot bensin. Lebih baik segera hubungi bengkel langganan atau layanan mobile service dari bengkel resmi,” kata Didi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X