Salin Artikel

Apa Sebenarnya Fungsi Speedometer pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap hendak mengendarai suatu mobil, pengemudi akan disajikan layar berupa indikator penunjuk kondisi mesin tepat di balik setir kemudi atau steering wheel.

Dalam dunia otomotif, komponen ini dikenal dengan speedometer. Melalui informasi yang disajikan, Anda bisa mengetahui secara aktual gambaran umum kondisi mobil.

"Mulai dari sisa bahan bakar, kecepatan mobil, hingga jarak tempuh dan temperatur udara," kata Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara dalam keterangannya.

Lebih jauh, menurut Firmansyah Saftari dalam bukunya "Utak-atik Otomotif", sedikitnya ada enam fungsi speedometer pada mobil.

Pertama, menampilkan informasi tentang kapasitas atau volume bahan bakar. Lalu, menampilkan informasi mengenai kecepatan mobil sehingga pengendara bisa mengatur laju secara optimal.

Ketiga, menampilkan informasi tentang posisi gigi transmisi serta menunjukkan kondisi lampu mobil , baik dalam keadaan menyala ataupun mati.

"Kemudian Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai jarak tempuh yang sudah dilalui dalam satuan kilometer. Terakhir, bisa juga memberikan informasi seputar temperatur udara di sekitar," tulis Firmansyah.

Sehingga, kata Imansyah lagi, speedometer ditambahkan pada mobil bukan sebagai hiasa saja. Komponen ini dirancang untuk memudahkan para pengguna untuk mengetahui kondisi mesin mobil mereka.

"Mengecek speedometer dapat membantu Anda untuk berkendara dengan aman dan nyaman. Risiko terjadinya kecelakaan pun dapat diminimalisir dengan adanya speedometer," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/03/114200415/apa-sebenarnya-fungsi-speedometer-pada-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.