Mudah, Begini Cara Merawat Fitur Brake Lock pada Skutik

Kompas.com - 03/07/2021, 11:22 WIB
Parking brake lock Honda hondaduniamotor.comParking brake lock Honda

SURABAYA, KOMPAS.com - Brake lock jadi salah satu fitur keamanan yang umum terpasang pada sepeda motor skuter matik (skutik). Fitur ini sudah menjadi perangkat standar pada sebuah skutik.

Secara garis besar, fitur brake lock bisa diibaratkan seperti rem tangan pada mobil. Saat skutik berhenti di tanjakan atau turunan, brake lock dapat diaktifkan untuk menjaga posisi skutik agar tidak mudah bergerak.

Selain itu, fitur ini juga bisa dimanfaatkan saat berhenti di pintu perlintasan kereta api atau lampu merah. Dengan mengaktifkan brake lock, skutik akan lebih aman jika semisal tuas gas tidak sengaja tertarik.

Baca juga: PPKM Darurat, Perjalanan di Jabodetabek Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin ?

Cara kerja brake lock sendiri sangat sederhana. Cukup menarik tuas rem belakang pada skutik lalu menekan tuas kecil yang berada di depan tuas rem tersebut.

Tuas kecil ini berfungsi mengaktifkan fitur brake lock sehingga rem belakang akan terkunci dan roda belakang tidak akan bergerak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas bagaimana cara merawat fitur brake lock agar tetap awet digunakan?

Parking Brake LockStanly/Otomania Parking Brake Lock

Dwi Suwanto selaku Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya, menjelaskan, bahwa tidak ada tindakan khusus dalam merawat piranti pengaman ini.

"Perawatannya hanya di penyetelan remnya saja. Diatur supaya fungsi lock-nya berfungsi dengan baik," kata Dwi kepada Kompas.com, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Sirkuit Mandalika yang Siap Gelar WorldSBK

Selain itu, setelan rem belakang pun harus masuk dalam toleransi pabrikan alias tidak terlalu dalam ataupun terlalu dangkal.

Ini dikarenakan seiring pemakaian rem tiap harinya, kampas rem bisa semakin menipis sehingga tuas rem pun harus ditarik lebih dalam. Ini yang membuat fitur brake lock jadi sulit dipakai. Hal yang sama juga bisa terjadi jika setelan rem belakang diatur terlalu dangkal.

Jika tuas rem belakang dirasa mulai longgar sehingga tuas brake lock sulit mengunci dengan maksimal, Dwi menyarankan untuk segera menyetel tuas rem tersebut.

"Kalau longgar tinggal disetel. Mur penyetelnya terletak di bagian bawah tuas rem," kata Dwi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X