Mobilitas di Jalan Tol Selama PPKM Ikuti Arahan Kemenhub dan Korlantas

Kompas.com - 02/07/2021, 19:32 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Jasmarga Related Business (JMRB).Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali resmi ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (1/7/2021).

PPKM Darurat ini akan dilaksanakan mulai Sabtu (3/7/2021) hingga Selasa (20/7/2021) di berbagai daerah di Pulau Jawa dan Bali. Keputusan ini diambil guna mencegah penularan virus Covid-19 yang beberapa waktu ini kian meningkat kasusnya.

Selama PPKM Darurat berlangsung, diterapkan pembatasan aktivitas di sejumlah sektor dan kegiatan, tidak terkecuali untuk perjalanan antar daerah.

Baca juga: Mitos di Indonesia, Tabrak Kucing Bakal Kena Sial

Menyikapi PPKM Darurat ini, mobilitas di jalan tol akan mengikuti kebijakan dari Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri. Hal tersebut diungkapkan oleh Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Itu ranah Kemenhub dan Korlantas, kami mengikuti kebijakan mereka," ungkap Danang kepada Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jasa Marga Catat 525 Ribu Kendaraan Melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-PamulangJasa Marga Jasa Marga Catat 525 Ribu Kendaraan Melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang

Hingga saat ini, upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 pada aspek perjalanan di jalan tol yang diterapkan Ditjen Perhubungan Darat adalah random sampling atau tes acak.

Baca juga: PPKM Darurat, Diler Daihatsu Tutup 100 Persen, Bengkel Buka Kapasitas 25 Persen

Di lain kesempatan, Kemenhub mengabarkan bahwa saat ini tengah menyusun aturan teknis mengenai syarat perjalanan selama masa PPKM Darurat Jawa-Bali.

Dalam keterangan resminya, Adita Irawati, Juru Bicara Kemenhub mengatakan, Kemenhub sebagai regulator di sektor transportasi berkomitmen untuk turut menekan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Kemenhub bersama Satgas Penanganan Covid-19 dan kementerian/lembaga terkait tengah menyusun surat edaran untuk mengatur secara teknis mengenai syarat perjalanan orang dalam negeri dan transportasi, menyesuaikan dengan panduan tersebut," kata Irawati menjelaskan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.