Berapa Lama Waktunya Bensin Bisa Jadi Basi?

Kompas.com - 01/07/2021, 13:41 WIB
Tangki bahan bakar Wagon R GS AGS. Febri Ardani/KompasOtomotifTangki bahan bakar Wagon R GS AGS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang mengatakan bahwa mobil yang diparkir lama dan terus menerus tidak digunakan, bensin yang ada di tangki bisa menjadi basi. Tapi, tak banyak yang tahu, butuh waktu berapa lama sampai bensin menjadi basi.

Menurut beberapa pakar, sebenarnya tidak ada bensin yang basi. Bensin basi hanyalah istilah atau penyebutan orang-orang awam saja.

Baca juga: Beli Mobil Baru dari Diler, Dapat Bensin Berapa Liter?

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, basi yang dimaksud mungkin terkontaminasi dengan cairan lain.

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

"Bukan cairan bensinnya yang berubah, namun karena ada campuran lain. Sehingga, bisa mengubah bensin secara kualitas," ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, mengatakan, butuh waktu hingga lebih dari enam bulan hingga bensin yang didiamkan di dalam tangki menjadi basi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jangan Salah Beli, Aki Mobil Mesin Bensin dan Diesel Beda Spesifikasi

"Kurang lebih sama seperti pelumas, yang dianjurkan untuk diganti jika sudah mencapai 10.000 kilometer atau 6 bulan, tergantung mana yang dicapai lebih dulu," kata Yus.

Namun, Yus menambahkan, enam bulan juga bukan waktu yang pasti. Ada beberapa faktor lainnya yang dapat mempercepat bensin menjadi basi.

"Semakin besar ruang kosong yang ada di dalam tangki, dapat memperbesar juga jumlah penguapan. Apalagi, jika mobil di parkir terus di tempat yang panas atau tidak teduh, tentu akan lebih cepat lagi," ujar Yus.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.