Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Mobil Baru dari Diler, Dapat Bensin Berapa Liter?

Kompas.com - 14/06/2021, 13:53 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli mobil baru dari diler resmi tentu hal yang sangat menyenangkan. Bisa muncul rasa senang ketika mengemudikan mobil yang odometernya masih di bawah 100 km atau kabin yang masih dibungkus plastik.

Tetapi sebelum mengemudikan mobil baru untuk jalan-jalan, berapa liter bensin yang ada di dalam tangki mobil ini?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, setiap mobil baru yang keluar dari diler sudah diisi dengan bahan bakar, baik model mesin bensin maupun diesel. Isi dari tangkinya pun beragam, namun biasanya lebih dari setengah.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 1.2L Bakal Dapat Diskon PPnBm 100 Persen

Auto2000 Glodok PlazaKOMPAS.com/Ruly Auto2000 Glodok Plaza

“Isi dari tangkinya itu tergantung dari mobilnya, karena ada standarnya setiap model. Misalnya seperti Avanza diisi 20 liter, Fortuner 25 liter, Camry, Alphard dan Vellfire kira-kira 50 liter, ada minimal standarnya,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Ada pertimbangan dari pengisian bahan bakar pada mobil baru tersebut. Suparna mengatakan, pengisian bahan bakar tadi agar mobil bisa digunakan pemiliknya pulang ke rumah tanpa khawatir kehabisan bensin atau solar.

“Misalnya jarak diler ke rumahnya 30 km, tapi kan dia enggak langsung pulang, bisa jalan-jalan dulu, jadi anggap 50 km. Kemudian diperkirakan konsumsi bahan bakarnya 10 km per liter, jadi butuh 5 liter. Tapi kita isi 20 liter, sudah sangat cukup,” kata Suparna.

Baca juga: Kode Produksi Ban Kendaraan Bukan Jadi Tanda Kedaluwarsa

Jangan sampai ketika mobil sedang dikendarai, malah kehabisan bahan bakar. Hal ini juga berlaku jika mobil baru ditowing sampai ke rumah. Jadi sudah menjadi standar dari diler mobil diisi berapa liter bahan bakar.

“Intinya saat di cabang, diisinya segitu, mau dia ambil ke diler atau diantar ke rumahnya. Kita informasi ke pelanggan saja, kalau tadi sudah diisi berapa liter dengan bensin apa,” ucapnya.

Tangkapan layar video yang menampilkan kedatangan sejumlah mobil baru yang dibeli warga desa di Tuban, Jawa Timur.FACEBOOK Tangkapan layar video yang menampilkan kedatangan sejumlah mobil baru yang dibeli warga desa di Tuban, Jawa Timur.

Untuk bahan bakar yang diisi ke mobil Toyota bermesin bensin, mayoritas menggunakan Pertamax. Memang ada sebagian kecil yang memakai Pertalite, namun itu juga sudah sesuai dengan standar minimal oktan dari pabrikan.

“Untuk yang mobil bermesin diesel, kita isi dengan Pertamina Dex. Karena diesel itu sudah high-end atau high class pembelinya, jadi kita asumsikan pembeli Fortuner akan mengisi Pertamina Dex,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com