Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengendara Motor Terpental Gegara Akamsi Selonong Keluar dari Gang

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan raya memiliki sebuah tantangan tersendiri. Tidak jarang kita menemui pengendara motor yang main selonong keluar dari gang menuju jalan besar.

Seperti contoh kejadian yang terekam dan diunggah oleh akun instagram @streetmannersindonesia. Dalam cuplikan tersebut, terlihat akamsi yang merupakan akronim dari anak kampung sini alias warga lokal setempat, yang tiba-tiba keluar dari gang dan hendak menyebrang ke jalan utama.

Pada saat bersamaan, terlihat pengendara sepeda motor melaju dari arah lainnya dengan kecepatan tinggi. Sontak pengemudi motor itu pun kaget dan berusaha menghindar hingga kehilangan arah, sampai akhirnya terpental ke jalan raya dan mencelakai pengendara motor lainnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, orang yang sering melakukan hal tersebut biasanya anak kampung sini (akamsi) karena merasa itu wilayahnya.

“Pengetahuan mereka dalam berkendara aman juga kurang. Mereka hanya mampu mengendarai namun tidak bisa memprediksi bahaya. Sehingga sering ceroboh saat di jalan seperti itu (selonong),” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

“Dalam berkendara kita harus bisa memprediksi bahaya yang akan terjadi. Pengguna jalan harus paham, salah satu area yang paling rawan terjadinya kecelakaan adalah di persimpangan,” kata Agus.

Oleh sebab itu, Agus menjelaskan, beberapa langkah agar lebih aman ketika mau masuk jalan utama dari gang.

“Pertama kurangi kecepatan ketika akan keluar dari gang. Kedua, berhenti sejenak, lalu tengok kanan dan kiri. Pastikn aman dari kendaraan dan objek bahaya lainnya,” ucapnya.

Terakhir kata Agus, jangan langsung tancap gas ketika keluar dari gang. Karena bisa jadi ada kendaraan lain atau objek berbahaya di jalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/01/072200315/pengendara-motor-terpental-gegara-akamsi-selonong-keluar-dari-gang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke