Menyimak Berbagai Macam Servis Makan di Bus AKAP

Kompas.com - 30/06/2021, 10:22 WIB
Tempat istirahat bus AKAP lintas sumatra - bloggerTempat istirahat bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) memang masih menjadi pilihan sebagian orang. Salah satu penyebabnya adalah harga tiket yang lebih ekonomis serta relatif nyaman.

Namun, naik bus AKAP kadang memiliki waktu tempuh yang cukup panjang, bahkan bisa lebih dari 8 jam. Biasanya, bus akan berhenti satu sampai dua kali untuk beristirahat dan penumpang bisa menikmati servis makan.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa jenis servis makan yang diberikan operator kepada penumpangnya. Misalnya ada yang prasmanan, memesan menu seperti di restoran atau beli sendiri ke warung-warung yang ada.

Baca juga: Asik Geber Gas di Tikungan, Dua Pengendara Motor Tewas di Cilegon

Hidangan yang disajikan saat istirahat dari perjalanan bus double decker PO Putera Mulya, hidangan prasmanan alias boleh ambil sepuasnya kecuali untuk lauk daging. KOMPAS.com/ Silvita Agmasari Hidangan yang disajikan saat istirahat dari perjalanan bus double decker PO Putera Mulya, hidangan prasmanan alias boleh ambil sepuasnya kecuali untuk lauk daging.

“Kalau dulu kan kebanyakan PO bus servis makannya prasmanan. Kalau yang pilih-pilih menu makanan baru-baru ini,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Selasa (29/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menu yang disediakan secara prasmanan juga tergantung rumah makan dan paket yang diambil oleh PO tersebut. Jadi tidak selalu dalam menu prasmanan, ada lauk hewani atau sayur, atau bisa juga tidak ada salah satunya.

“Menunya enggak selalu ada lauk atau sayur. Cuma kebanyakan sering dibatasi kalau mau ambil lauk hewani seperti telur, ayam, atau ikan,” kata Dimas.

Baca juga: Beli Baru Harus Inden, Simak Daftar Harga Fortuner Bekas

Sedangkan servis makan dari PO tertentu juga sudah dibuatkan menunya. Jadi penumpang bisa memilih makanan seperti nasi goreng, soto, bakso, dan lain sebagainya. Kebanyakan PO bus di Jawa, servis makan sudah termasuk harga tiket.

“Berbeda dengan bus yang di Sumatera, harga tiket belum termasuk servis makan. Jadi penumpang beli sendiri apa yang mau dimakan selama beristirahat di rumah makan,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X