Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Konten, Yamaha R15 Dimodif Super Jangkung

Kompas.com - 29/06/2021, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, viral video di media sosial yang memperlihatkan Yamaha YZF-R15 yang sudah ditinggikan. Modifikasinya unik, tapi cukup membahayakan.

Motor sport tersebut adalah milik pembuat konten, Rendy Januari Aditia Prasatya, asal Banyuwangi. R15 miliknya yang dicat warna kuning hampir di seluruh bagiannya itu dibuat sangat jangkung.

Pada unggahan di akun Instagram @rendiprasatyaofficial, terlihat suspensi depannya sudah diganti lebih tinggi. Suspensi belakangnya juga sudah diganti dengan yang lebih tinggi.

Baca juga: Yamaha YZF-R15 dan MT-15 Bakal Dibekali Y-Connect

Tak sedikit pengikutnya di Instagram yang heran bagaimana cara Rendi menaiki dan turun dari motornya saat digunakan di jalan raya. Rendi pun menunjukkan caranya dalam salah satu unggahannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rendy Januari Aditia Prasatya (@rendyprasatyaofficial)

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, memodifikasi sepeda motor sah-sah saja. Namun, dalam memodifikasi atau mengubah bagian pada motor sebaiknya mempertimbangkan sisi keamanan pada motor tersebut.

"Jangan sampai unit motor yang dimodifikasi justru membuat bahaya bagi pengendaranya," kata Agus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Beredar Rendering Yamaha R15 v4, Makin Mirip Moge Supersport

Agus menambahkan, sepeda motor yang dikeluarkan oleh ATPM telah melalui uji kelayakan dan juga telah diperhitungkan bahan material, beban maksimal, keseimbangan motor, dan lainnya.

"Sehingga, jika ingin mengubah motor, sebaiknya juga harus memikirkan hal tersebut. Jangan hanya ingin terlihat keren, tapi malah membahayakan saat motor dikendarai di jalan raya," ujar Agus.

Namun, dalam salah satu unggahannya di Instagram, Rendi juga sudah menyebutkan bahwa motornya tersebut hanya untuk keperluan pembuatan konten TikTok, jangan ditiru tingginya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com