Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat di Pinggir Jalan Jangan Asal Buka Pintu Mobil

Kompas.com - 29/06/2021, 12:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan naik atau turun dari mobil, proses membuka pintu jadi hal yang harus benar-benar diperhatikan. Apalagi jika mobil sedang diparkir di tepi jalan.

Masih kerap ditemukan pengemudi atau penumpang yang abai dan asal ketika membuka pintu mobil. Mereka tidak memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitarnya terlebih dahulu.

Perilaku ini tidak jarang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Ini karena pengendara atau pengguna jalan lain terkejut dan tidak bisa mengantisipasi pintu mobil yang dibuka tiba-tiba, sehingga benturan tidak bisa dihindari.

Baca juga: Lelang Mobil Dinas, Kijang Innova Mulai Rp 60 Jutaan

Menanggapi perilaku tersebut, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membuka pintu mobil ketika mobil tersebut sedang diparkir di pinggir jalan.

Ilustrasi buka pintu mobilfacebook Ilustrasi buka pintu mobil

“Sebelum membuka pintu, sebaiknya melihat ke spion dan menengok ke belakang untuk memaksimalkan area pandang, sebelum membuka pintu kendaraan,” kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Setelah kondisi lalu lintas sudah dipastikan aman dan tidak ada pengguna jalan lain yang akan melintas di dekat mobil, pengemudi bisa membuka pintu secara perlahan.

Baca juga: Wuling Pangkas Harga Confero, Lebih Murah dari Toyota Calya

Marcell pun menyarankan untuk tidak membuka pintu mobil secara penuh saat mobil diparkir di pinggir jalan dengan situasi lalu lintas yang sedang padat.

Pengemudi bisa membuka pintu sedikit dan perlahan guna memastikan kondisi aman terlebih dahulu sebelum membuka pintu secara penuh.

Hati-hati buka pintuaripitstop Hati-hati buka pintu

“Sebaiknya buka pintu sedikit dulu, lebih kurang 5 sentimeter dulu, untuk memastikan keamanan di sekitar,” kata Marcell lebih lanjut.

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Tuas Spion Tengah di Mobil, Ternyata Ini Manfaatnya

Selain itu ia pun menambahkan, dengan membuka pintu sedikit terlebih dahulu akan membangun kesadaran bagi pengendara yang ada di belakang mobil yang akan melintas, bahwa mobil akan membuka pintu.

“Dengan begitu, pengendara lain bisa melakukan antisipasi atau menghindar. Dan setelah dipastikan aman pengemudi bisa membukanya lebih lebar dan keluar dari mobil,” ucap Marcell.

Membuka pintu mobil secara sedikit demi sedikit juga bertujuan agar tidak mempersempit ruang pengguna jalan lain yang akan melintas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com