Wajib Bersihkan Interior Mobil untuk Mencegah Virus Corona

Kompas.com - 29/06/2021, 07:12 WIB
Proses fogging di dalam kabin mobil Vertue ConceptProses fogging di dalam kabin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini penyebaran Covid-19 di Indonesia masih belum menurun, bahkan belakangan ini banyak lonjakan kasus di berbagai daerah. Hal ini karena adanya varian virus Delta yang dianggap lebih cepat menyebar, salah satunya melalui udara.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin virus akan menyebar melalui udara di interior mobil. Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Gugus Tugas Covid-19, mengatakan, droplet ukuran kecil bisa bertahan lama di sebuah ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara.

Baca juga: Pengemudi Arogan, Innova Ngotot Lawan Arah hingga Mengancam Memukul

“Oleh karena itu upayakan di semua ruang kerja kita, dijamin sirkulasi udaranya berlangsung baik. Sehingga setiap saat udara bisa digantikan dengan udara baru yang lebih segar," ucap Yuri dilansir dari Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Untuk itu, membersihkan interior mobil secara rutin juga dapat mencegah penyebaran virus corona. Ada beberapa bagian yang perlu dibersihkan yang termasuk dalam potensi penempelan droplet seperti di setir, dasbor, door trim, handle pintu, jok mobil, hingga karpet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pembersihan dengan disinfektan juga banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Namun perlu diketahui, cairan juga harus dipastikan penggunaanya aman baik bagi interior mobil dan juga penumpang di dalamnya terutama anak kecil.

Baca juga: Wuling Pangkas Harga Confero, Lebih Murah dari Toyota Calya

Edy, pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara, mengatakan untuk membersihkan bagian dalam mobil ini sebaiknya menggunakan bahan yang dipastikan keamanannya.

“Kondisi seperti (penyebaran virus corona) memang banyak menyemprotkan cairan disinfektan untuk interior. Tapi yang aman itu harus dipastikan kandungan alkohol seberapa dan perlu dilakukan penelitian dulu,” kata Edy.

Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteriSHUTTERSTOCK Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteri

Perawatan terhadap interior juga tidak boleh asal, gunakan pembersih khusus untuk interior mobil. Pastikan juga pembersih yang digunakan juga tepat sasaran, artinya jika membersihkan bahan kulit sebaiknya pakai pembersih khusus kulit dan untuk panel juga harus yang sesuai.

Selain itu kebersihan interior mobil juga harus diperhatikan. Jangan simpan sampah di dalam kabin, bersihkan dan gunakan vacum cleaner untuk memastikan debu dan kotoran terangkat.

Baca juga: Lelang Mobil Dinas, Kijang Innova Mulai Rp 60 Jutaan

Terakhir, bersihkan filter AC mobil dengan sikat agar udara di dalam kabin mobil tetap bersih dan aman dihirup. Jika dirasa filter sudah tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru.

Jika memungkinkan, pemilik mobil juga bisa membersihkan komponen evaporator AC. Kotoran yang menempel pada evaporator dapat menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap dan dapat menjadi sarang virus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.