Kompas.com - 27/06/2021, 10:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Untuk orang masih baru bisa mengemudikan mobil, parkir merupakan hal yang menakutkan. Apalagi jika parkir dalam keadaan sulit seperti tempat yang sempit atau parkir di tanjakan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat parkir di tanjakan. Jangan sampai salah langkah sehingga nantinya mobil akan berjalan mundur sendiri yang mengakibatkan kerugian baik diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga: Parkir Seharian Pakai Rem Tangan, Apakah Justru Merusak

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, sebenarnya kalau parkir di tanjakan tidak terlalu sulit untuk mobil matik.

Karena pada dasarnya mobil matik sudah menggunakan transmisi parkir yang sudah mengunci sehingga kemungkinan untuk mundur kecil.

Sedangkan untuk mobil manual tidak memiliki persneling khusus yang dipakai ketika mobil dalam kondisi parkir. Untuk itu perlu adanya tindakan preventif agar mobil tidak mundur, salah satunya yakni memasukkan gigi satu atau mundur.

Namun tindakan ini memiliki resiko kerusakan gigi pada persneling mobil.

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

Cara yang lebih tepat yakni dengan mengganjal mobil di bagian belakang ban dengan balok kayu atau benda lain yang kuat untuk menahan mobil.

"Kalau mobil dengan transmisi matik sudah ada transmisi khusus untuk parkir yang bisa mengunci mobil agar tidak mundur, namun harus tetap ada tindakan preventif untuk jaga-jaga," ucap Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ambulans Tertahan Rombongan Pejabat, Ingat Urutan Kendaraan Prioritas

Marcell menjelaskan, beberapa tindakan prefentif yang dapat dilakukan agar mobil tidak mundur atau turun ketika parir di tanjakan yakni dengan membelokkan ban.

Jika pada saat parkir di pinggir jalan terdapat trotoar, pengemudi harus membelokkan kemudi ke arah kanan. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila kinerja rem tangan tidak maksimal atau bermasalah saat parkir di tanjakan.

Ilustrasi wheel chocks untuk mengganjal roda saat parkir. Ilustrasi wheel chocks untuk mengganjal roda saat parkir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.