Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2021, 08:41 WIB
|

ASSEN, KOMPAS.com - Maverick Vinales berhasil menjadi pebalap tercepat saat kualifikasi MotoGP Belanda 2021. Pebalap asal Spanyol itu akan start dari posisi paling depan saat lomba.

Vinales mengatakan, dia mempertaruhkan tindakannya agar bisa tampil cepat. Sebab jika salah perhitungan maka semuanya akan gagal dan tidak bakal ada pole position.

Baca juga: Alasan Mengapa Bayi Menghadap Belakang Saat Menggunakan Car Seat

“Saya mengalami momen yang sangat menakutkan di tikungan sembilan, tetapi saya berkata pada diri sendiri 'Konsentrasi, Anda bisa melakukannya',” kata Vinales mengutip Tuttomotoriweb.it, Sabtu (26/6/2021).

Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Maverick Vinales saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Pole position kali ini cukup melegakan buat Vinales. Sebab menjadi pembuktiannya kepada banyak pihak setelah finis di posisi buncit pada balapan sebelumya di GP Jerman.

Pole position di GP Assen kali merupakan raihan pole ke-13 Vinales selama di MotoGP. Serta pole kedua di Assen yang terakhir diraihnya pada 10 tahun lalu saat masih di kelas 125cc.

“Saya melakukan percobaan pertama dengan memakai ban kompon medium di depan, saya tahu saya bisa melakukannya dengan baik,” katanya.

“Tapi kemudian saya memasang kompon lunak, karena saya merasa lebih baik di sana, terutama di tikungan, dan sebenarnya saya bisa memberi lebih banyak,” katanya.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda, Vinales Pole Position, Marquez ke-20

Fabio Quartararo saat sesi latihan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Fabio Quartararo saat sesi latihan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

Vinales tak hanya sekadar meraih pole position. Pebalap asal Spanyol ini juga mencatatkan rekor baru lap tercepat di Sirkuit Assen. Catatan waktunya tembus 1 menit 31,814 detik.

Vinales bersaing cukup ketat dengan rekan setimnya, Fabio Quartararo. Pebalap asal Prancis tersebut yang pertama kali memecahkan rekor baru, kemudian dipatahkan lagi oleh Vinales.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.