Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda, Vinales Pole Position, Marquez ke-20

Kompas.com - 26/06/2021, 20:11 WIB
Maverick Vinales saat latihan bebas pada MotoGP Belanda 2021 Dok. Yamahamotogp.comMaverick Vinales saat latihan bebas pada MotoGP Belanda 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales berhasil meraih pole position. Pebalap Yamaha ini punya peluang menangi seri kesembilan MotoGP 2021 di Sirkuit Assen, Belanda.

Vinales berhasil mendominasi jalannya sesi latihan bebas dari FP1 hingga FP3. Sesi kualifikasi pun berhasil dikuasainya.

Vinales tak hanya sekadar meraih pole position. Pebalap asal Spanyol ini juga mencatatkan rekor baru lap tercepat di Sirkuit Assen. Catatan waktunya tembus 1 menit 31,814 detik.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Belanda 2021, Vinales Konsisten, Rossi dan Marc Marquez Tercecer

Tak mudah meraih pole position ini. Vinales bersaing cukup ketat dengan rekan setimnya sendiri, yakni Fabio Quartararo. Pebalap asal Prancis tersebut yang pertama kali memecahkan rekor baru, sebelum dipatahkan lagi oleh Vinales.

Melengkapi barisan depan, ada Francesco Bagnaia yang nampaknya kembali kompetitif lagi. Performanya pada beberapa seri sebelumnya cukup menurun.

Fabio Quartararo saat sesi latihan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Fabio Quartararo saat sesi latihan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pebalap Honda tercepat bukan dari tim pabrikan, melainkan tim satelit. Takaaki Nakagami akan start dari posisi keempat. Sementara posisi kelima, ditempati oleh Johann Zarco.

Miguel Oliveira yang juga patut diwaspadai akan berada di barisan depan nanti menempati posisi start keenam. Di belakangnya, ada Alex Rins di posisi ketujuh.

Jack Miller tak mampu berbuat banyak pada sesi kualifikasi ini dan akan start dari posisi kedelapan. Aleix Espargaro masih bisa bertahan di sepuluh dengan start di posisi kesembilan.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Belanda 2021, Vinales Tercepat, Marquez Kecelakaan

Melengkapi sepuluh besar, ada sang juara dunia MotoGP 2020, yakni Joan Mir. Posisi kesebelas ditempati oleh Pol Espargaro.

Valentino Rossi sudah berhasil langsung masuk sesi kualifikasi Q2. Namun, dia tidak bisa memperbaiki catatan waktunya dan akan start di posisi ke-12.

Marc Marquez saat sesi tes di Sirkuit JerezDok. @hrc_motogp Marc Marquez saat sesi tes di Sirkuit Jerez

Marc Marquez juga kembali kesulitan lagi setelah meraih kemenangan pada seri sebelumnya. Bahkan, dia tidak lolos sesi kualifikasi Q1 dan akan start dari posisi ke-20. Kemungkinan besar kondisinya tidak prima setelah mengalami highside cukup keras pada sesi latihan bebas FP2.

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2021:
1. M. VIÑALES
2. F. QUARTARARO
3. F. BAGNAIA
4. T. NAKAGAMI
5. J. ZARCO
6. M. OLIVEIRA
7. A. RINS
8. J. MILLER
9. A. ESPARGARO
10. J. MIR
11. P. ESPARGARO
12. V. ROSSI
13. I. LECUONA
14. J. MARTIN
15. L. SAVADORI
16. A. MARQUEZ
17. L. MARINI
18. D. PETRUCCI
19. E. BASTIANINI
20. M. MARQUEZ
21. B. BINDER
22. G. GERLOFF

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.