Adu Fitur Daihatsu Rocky tipe 1.2L ADS dan 1.0L Turbo ASA

Kompas.com - 24/06/2021, 10:22 WIB
Daihatsu Rocky. Model terbaru di kelas SUV Kompak dengan fitur dan teknologi baru. Rocky mengusung platform DNGA KOMPAS.com/SETYO ADIDaihatsu Rocky. Model terbaru di kelas SUV Kompak dengan fitur dan teknologi baru. Rocky mengusung platform DNGA

JAKARTA, KOMPAS.comDaihatsu Rocky yang diluncurkan di Indonesia bisa dibilang bertabur fitur untuk mobil seharga Rp 200 jutaan. Bahkan katanya, mobil ini digadang-gadang menjadi calon mobil sejuta umat selanjutnya di Indonesia, setelah Avanza-Xenia.

Daihatsu Rocky saat ini terdiri dari dua varian mesin, 1.2L dan 1.0L turbo. Kali ini, Kompas.com akan membandingkan fitur apa saja dari dua tipe tertinggi dari setiap varian mesin, yaitu 1.2L ADS CVT dan 1.0L CVT ASA.

Secara umum, fitur yang hadir di mobil SUV kompak ini meliputi lampu depan LED. Untuk bagian belakang, baru lampu rem saja yang menggunakan LED bar, sisanya masih memakai bohlam biasa.

Baca juga: Sama-sama 1.200 cc, Apa Bedanya Mesin Rocky dan Sigra

Daihatsu RockyASTRA DAIHATSU MOTOR Daihatsu Rocky

Kemudian untuk varian CVT, kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan power mode. Begitu juga untuk instrument cluster sudah full digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk perbedaannya, tipe 1.2L ADS mendapatkan subwoofer yang ada di bawah bangku pengemudi. Namun ukuran head unitnya jadi lebih kecil dibanding tipe 1.0L ASA yang berukuran 9 inci.

Selanjutnya, membahas fitur yang ada di tipe 1.0L ASA, bisa dibilang sangat melimpah. ASA sendiri merupakan singkatan dari Advance Safety Assist yang terdiri dari berbagai perangkat keselamatan berkendara.

Baca juga: Karoseri Laksana Rilis Lagi Bus untuk Tambang, Pakai Single Glass

Daihatsu Advanced Safety Assist (ASA)KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Advanced Safety Assist (ASA)

 

Dalam sistem ASA, terdapat Pre-Collision Warning yang memberi peringatan ketika mobil mau menabrak. Lalu ada Pre-Collision Braking yang secara otomatis mengerem ketika mobil mau menabrak kendaraan di depannya.

Kemudian ada fitur Pedal Misoperation Control yang menahan mobil maju ketika pengemudi salah injak gas dan ada obyek di depannya. Selanjutnya ada Front Departure Alert yang memberikan peringatan saat mobil di depan bergerak maju.

Terakhir, ada Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention. Fitur ini memberi peringatan dan mengoreksi setir saat mobil keluar dari jalur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.