Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Pebalap Tim Red Bull Racing Honda Naik Podium di F1 GP Prancis

Kompas.com - 22/06/2021, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kedua pebalap tim Red Bull Racing Honda berhasil naik podium pada seri balap F1 Grand Prix Prancis yang berlangsung di sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis, Minggu, 20 Juni 2021.

Max Verstappen berhasil memenangkan Grand Prix Prancis diikuti rekan setimnya - Sergio Perez di posisi ketiga.

Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama tim Red Bull di Prancis. Selain itu, kemenangan ini juga sekaligus menandai kemenangan ketiga mereka secara beruntun pada musim balap tahun 2021 ini.

Hal ini juga menjadi pertama kalinya sejak tahun 1991, dimana mobil bertenaga Honda mampu meraih tiga kemenangan secara beruntun.

Balapan di GP Prancis berlangsung menegangkan dimana Max kehilangan posisi terdepannya di tikungan pertama. Max kemudian berusaha untuk menekan hingga ia masuk pit stop pada lap 18.

Baca juga: PO SAN Punya Trayek Terjauh di Indonesia dengan Bus Tronton

Max VerstappenDOK. HONDA Max Verstappen

Max kembali dapat mengambil alih posisi terdepan pada lap 19 setelah berhasil melewati Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Sementara itu, Sergio Perez memimpin balapan hingga putaran ke-24 sebelum melakukan pit stop dan bergabung kembali di urutan keempat.

Max kemudian melakukan pit stop kedua di lap 32 untuk mengganti ke ban medium. Sementara para pebalap tim Mercedes tetap bertahan di trek dengan strategi satu kali pit stop.

Strategi dua pit yang dilakukan oleh tim membuahkan hasil untuk Max dimana ia dapat mengejar kembali Hamilton dan Bottas. Max berhasil mengambil posisi dua dari Bottas dengan sembilan lap tersisa. Tak hanya Max, Sergio pun berhasil melewati Bottas untuk mengambil posisi ketiga.

Baca juga: Apa Bedanya Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus?

Max kemudian berhasil mengambil alih posisi terdepan lagi dari Hamilton pada 2 lap terakhir dan mempertahankan posisi terdepannya hingga garis finis. Ia berhasil meraih kemenangan ketiganya di musim ini. Max pun menjadi pebalap dengan lap tercepat dan berhasil meraih tambahan jadi 26 poin.

Sementara itu, pebalap asal Prancis - Pierre Gasly dari tim Scuderia AlphaTauri Honda berhasil menyudahi balapan kandangnya di posisi ketujuh.

Toyoharu Tanabe, Technical Director Honda F1 mengatakan, kemenangan yang fantastis untuk Max Verstappen di posisi pertama dan Sergio Perez di posisi ketiga. Kemenangan ini juga menjadi podium ketiga berturut-turut Honda.

Sergio PerezDOK. HONDA Sergio Perez

“Max berhasil menjalankan strategi yang dikombinasikan dengan mobil yang kuat dan performa power unit yang membuatnya kembali memimpin di akhir balapan,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (21/6/2021).

“Untuk Scuderia AlphaTauri Honda, Pierre Gasly kembali menunjukkan performa yang kuat dan menunjukkan betapa konsistennya dia sama dengan Yuki. Persaingan sangat ketat sepanjang akhir pekan, tetapi semua elemen tim melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Ini adalah hasil yang sangat menggembirakan untuk balapan yang akan datang di kandang Red Bull di Austria,” ucapnya.

Pebalap AlphaTauri, Pierre Gasly, memenangkan Formula 1 (F1) GP Italia, Minggu (6/9/2020).AFP/MIGUEL MEDINA/POOL Pebalap AlphaTauri, Pierre Gasly, memenangkan Formula 1 (F1) GP Italia, Minggu (6/9/2020).

Hingga saat ini, tim Red Bull Racing Honda sudah berhasil mengumpulkan 215 poin di posisi pertama klasemen sementara konstruktor F1 2021, sementara tim Scuderia AlphaTauri dengan 45 poin di posisi ke-5.

Seri balap selanjutnya akan diadakan di Grand Prix Styria pada tanggal 25-27 Juni 2021 dan Grand Prix Austria, bertempat di sirkuit Red Bull Ring pada tanggal 2-4 Juli 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com