Apa Bedanya Transmisi Matik Model Zig-zag dan Lurus?

Kompas.com - 21/06/2021, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil bertransmisi matik umumnya memiliki dua model tuas untuk pengoperasiannya. Ada yang lurus (straight), dan ada juga yang zig-zag (gate).

Lantas, apa perbedannya? Menjawab hal ini, Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic mengatakan, dari segi fungsi tidak ada yang berbeda, artinya sama saja.

“Kalau fungsi jelas sama saja, hanya bentukan atau modelnya itu yang berbeda sehingga pengoperasiannya pun juga lain antara yang zig-zag dan lurus,” ucap Hermas saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Intip Spesifikasi Motor Listrik Energica Ego+ yang Ada di Indonesia

Lebih jelas lagi, Hermas menjelaskan, model gate atau zig-zag pengoperasiannya dijalankan secara bertingkat atau tersusun.

“Jadi, ketika pengendara ingin memindahkan dari posisi P ke D atau ke posisi lainnya, harus dilakukan mengikuti jalur yang ada,” kata dia.

Jenis tuas gate bisa ditemukan pada beberapa jenis mobil keluaran Toyota seperti Avanza, Fortuner, Yaris dan sebagainya.

Test Drive Toyota YarisKompas.com/Dio Test Drive Toyota Yaris

Selain itu, pemberian alur zig-zag ini bukan tanpa sebab atau sebagai penunjang tampilan saja.

Namun dengan metode seperti itu maka tuas transmisi tidak akan mudah tergeser dengan sendirinya. Artinya hal tersebut dibuat untuk keamanan pengemudi.

Sementara untuk yang model straight atau lurus, pengemudi harus menekan tombol release yang ada di bagian tuas yang harus ditekan saat pengemudi akan mengoperasikan kendaraan.

Baca juga: Harga Mobil Murah Agya dan Calya di Makassar per Juni 2021

Ketika hendak memidahkan gigi, selain kaki wajib menginjak pedal rem juga harus disertai menekan tombol tersebut. Dengan demikian tuas transmisi baru bisa digeser, terutama dari posisi P ke D yang harus melewati R.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.