Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mesin Mobil Pakai Turbo Cenderung Lebih Irit BBM?

Kompas.com - 22/06/2021, 06:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mobil baru untuk saat ini telah dibekali mesin dengan turbocharger atau lebih dikenal dengan mesin turbo. Bukan tanpa alasan, tujuannya agar performa mesin lebih efisien.

Banyak juga yang beranggapan bahwa mesin yang dibekali turbo lebih hemat bahan bakar dan lebih bertenaga. Selain itu ada beberapa keunggulan lain dalam pemakaian mesin turbo pada mobil.

Baca juga: Emosional, Ini Kata Marquez Usai Jadi Juara di GP Jerman

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM Didi Ahadi, mengatakan, dengan bantuan turbo maka knierja mesin akan lebih ringan, sehingga bukan tidak mungkin mesin dengan turbo akan lebih hemat BBM.

Ilustrasi mesin turbowww.stevemorrisengines.com Ilustrasi mesin turbo

"Kalau mesin turbo itu kalau kita mau performa kan tidak perlu injak gas terlalu dalam, jadi setidaknya konsumsi bahan bakar juga bisa lebih irit," kata Didi kepada Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Didi juga mengatakan, dengan adanya bantuan dari turbo maka kinerja mesin akan terbantu. Kerja mesin menjadi lebih ringan sehingga bahan bakar yang digunakan juga lebih irit.

Baca juga: Hasil MotoGP Jerman 2021, Akhirnya Marc Marquez Juara

"Kalau menurut saya lebih ke arah performanya, sehingga kecepatan bisa diatur dan tidak begitu boros tetapi mencapai performa yang kita inginkan," kata Didi.

Sebenarnya selain lebih irit, ada lebih banyak lagi keunggulan penggunaan mesin turbo yang disematkan di mobil baru. Pertama jelas penggunaan mesin turbo akan meningkatkan performa kendaraan. Selain itu yenaga yang dihasilkan juga akan lebih besar.

Cara kerja mesin turbocharger (turbo)(Gambar ID) Cara kerja mesin turbocharger (turbo)

Kemudian suara mesin juga akan lebih senyap. Hal ini dikarenakan turbo juga bertindak sebagai peredam tambahan, karena gas buang justru dialihkan ke turbo dan tidak langung diarahkan ke knalpot sehingga mampu menurunkan kebisingan mesin.

Mesin turbo yang diaplikasikan pada mobil baru saat ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil, ringkas, dan kompak. Mesin dengan karakteristik tersebut cocok untuk mobil kompak yang dipakai di perkotaan.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2021; Quartararo Teratas, Marquez Posisi 10, Rossi 19

Selain itu, emisis gas buang yang dihasilkan oleh mesin turbo lebih rendah. Hal ini karena pemnakaran yang lebih sempurna sehingga tidak terlalu banyak gas buang. Maka dari itu banyak mobil jaman sekarang yang mengadopsi mesin turbo untuk produk baru mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.