Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pisah dari Aprilia, Gresini Racing Gandeng Ducati Dua Tahun

Kompas.com - 18/06/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim 2022, tim satelit Ducati akan bertambah lagi. Salah satunya adalah Team Gresini Racing dengan dua pebalap serumpun alias dari satu negara Italia.

Lepas dari Aprilia, Team Gresini Racing resmi akan menggunakan motor Ducati untuk dua musim ke depan. Tim ini akan menjadi tim satelit lagi.

Kerja sama ini akan menjadi yang pertama bagi Gresini Racing untuk menggunakan motor Ducati. Sejak 1997 hingga 2014, Gresini selalu bekerja sama dengan Honda.

Baca juga: Tim Federal Oil Gresini Moto2 Siap Bangkit di Sachsenring

Setelah itu, Gresini bekerja sama dengan Aprilia hingga musim ini. Keputusan untuk kontrak dengan Ducati sepenuhnya didukung oleh keluarga Gresini.

Pebalap Esponsorama Racing Enea Bastianini saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Doha di Sirkuit Losail, Qatar, 3 April 2021. AFP/KARIM JAAFAR Pebalap Esponsorama Racing Enea Bastianini saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Doha di Sirkuit Losail, Qatar, 3 April 2021.

Nadia Padovani, pemilik dan prinsipal tim Gresini, mengatakan, momen ini sangat emosional bagi semua anggota tim. Dalam beberapa bulan terakhir, Gresini Racing sudah fokus untuk menentukan masa depan.

"Sekarang, kami melihat dengan bangga pada proyek yang berbasis dari nilai Fausto yang membuat institusi luar biasa ini," ujar Nadia, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (17/6/2021).

Nadia menambahkan, Gresini berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, yang tidak pernah meninggalkan Gresini meski dalam keadaan sulit pun.

Baca juga: Peluang Besar Federal Oil Gresini Moto2 Naik Podium di Catalunya

Mulai musim depan, tim Gresini akan diisi oleh dua pebalap berkebangsaan Italia, yakni Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio yang akrab disapa Diggia.

Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2), Fabio Di Giannantonio, pada Moto2 Catalunya 2021Dok. FOGM2 Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2), Fabio Di Giannantonio, pada Moto2 Catalunya 2021

Diggia saat ini masih berada di Moto2 bersama tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2). Mulai musim depan, tim ini akan bernama Gresini Flex-Box Ducati Racing.

"Saya juga ingin berterima kasih pada Enea dan Fabio atas kepercayaan mereka. Saya yakin mereka akan mempertahankan bendera Gresini Racing dengan sukses," kata Nadia.

General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna mengatakan, pihaknya sangat senang dengan kesepakatan bersama Gresini Racing untuk dua musim ke depan.

Baca juga: Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 Sudah Usaha Maksimal di GP Italia

"Kami membuat basiss untuk ini dengan Fausto di akhir 2020. Gresini Racing sudah menjadi institusi penting di MotoGP sejak bertahun-tahun," ujar Dall'Igna.

Dall'Igna menambahkan, dirinya juga yakin Bastianini dan Diggia bisa tampil kompetitif dan sukses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com