Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Toyota soal Spekulasi Raize 1.2L untuk Tangani Inden Versi Turbo

Kompas.com - 17/06/2021, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Raize bermensin konvensional 1.200 cc. Jadwal ini lebih cepat dari yang seharunya pada awal semester kedua 2021.

Hal ini mendatangkan beberapa spekulasi, pertama apakah peluncuran Raize 1.2L sengaja dilakukan lantaran memanfaatkan momen perpanjangan PPnBM 100 persen, dan yang kedua untuk memecah konsentrasi inden panjang pada varian 1.000 cc Turbo.

Menanggapi hal ini, Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, peluncuran Raize 1.2L dipercepat untuk menjawab keinginan konsumen yang sudah banyak menanyakan soal kehadiran kembaran Rocky dengan kapasitas mesin lebih besar.

Baca juga: Toyota Kantongi 6.179 SPK Raize, GR Sport Jadi Model Favorit

"Kenapa dimajukan, karena banyak sekali pertanyaan konsumen baik dari Jawa dan luar Jawa, untuk membeli atau mendapatkan varian yang lebih terjangkau dengan kapasitas 1.200 cc," ucap Anton dalam sesi konferensi pers virtual, Kamis (17/6/2021).

Test drive Toyota Raizedok TAM Test drive Toyota Raize

"Kita cek dari produksinya juga sudah siap, jadi tidak ada salahnya kita sedikit memajukan (peluncuran) Raize 1.2L, tapi tidak terlalu cepat juga," kata dia.

Terkait soal mengatasi antrean panjang pemesanan Raize, Anton menjelasakan peluncuran versi mesin konvensional dengan kubikasi yang lebih besar, tidak secara langsung mengarah ke sana, tapi lebih untuk memberikan pilihan bagi konsumen.

Karena bila menyangkut masalah inden panjang, menurut Anton solusi penanganan akan langsung terkait masalah peningkatan pada sisi produksi Raize.

Baca juga: Kejar Produksi, Toyota Klaim Inden Raize Cuma 2 Bulanan

"Soal inden panjang solusinya kita meningkatkan produksi khususnya pada Juni dan Juli yang memang peningkatan produksinya cukup lumayan, termasuk untuk tipe TSS yang dikabarkan (inden) lama sekali sekarang bisa lebih cepat indennya," ujar Anton.

Toyota Raize Toyota Raize

"Dengan demikian, mudah-mudahan hal tersebut sedikit banyak bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Meskipun tidak bisa 100 persen, tapi paling tidak bisa memajukan inden ke rata-rata 2-2,5 bulan," katanya.

Sekadar informasi, Toyota resmi membuka keran pemesanan Raize 1.2L dengan harga yang mengikuti skema PPnBM 100 persen. Varian termurahnya dengan transmisi manual dipasarkan Rp 202 jutaan, sementara versi tertinggi dengan transmisi CVT sebesar Rp 215 jutaan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com