Menggunakan Balaclava Saat Riding Bisa Bikin Helm Awet

Kompas.com - 17/06/2021, 11:42 WIB
Balaclava otosia.comBalaclava

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengendarai sepeda motor, tentunya pengendara wajib memakai helm.

Namun, ada satu aksesoris yang bisa digunakan sebelum memakai helm, yaitu balaclava.

Balaclava merupakan perlengkapan populer yang banyak digunakan oleh para pengendara motor. Tidak hanya untuk bergaya, sebagaimana fungsinya penutup kepala dan mulut tersebut bisa mereduksi polusi dan debu saat berkendara.

Baca juga: Konsumsi BBM Kia Sonet 7-Seater Saat Digunakan di Dalam Kota

Selain itu, helm pun terhindar dari bau keringat karena kepala tidak langsung bersentuhan dengan interior helm. Maka, interval pencucian helm menjadi lebih panjang.

Ahmad M, Penggiat Komunitas Belajar Helm mengatakan, tidak hanya mengurangi paparan polusi, balaclava juga bisa membuat interior helm tetap bersih.

Ilustrasi berkendara ISTIMEWA Ilustrasi berkendara

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Menggunakan balaclava bisa mengurangi risiko rider terkena paparan polusi dan debu. Selain itu interior helm juga tidak cepat rusak karena tak langsung bersentuhan dengan kepala, jadi keringat tidak menempel,” ujar Ahmad M belum lama ini kepada Kompas.com.

Meski begitu, Ahmad menyarankan pengendara sepeda motor jangan sembarang untuk membeli balaclava. Sebaiknya, gunakan yang berbahan dry fit yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Modifikasi Lampu Mobil Supaya Tidak Kebakaran

“Jangan berbahan spandek atau kain biasa, karena di pasaran banyak yang jual seperti itu. Bahan tersebut daya keringatnya rendah, jadi kepala akan cepat terasa panas dan balaclava akan surit kering,” kata dia.

Ahmad juga menambahkan, menggunakan balaclava tidak membuat helm terhindar dari kedaluarsa atau masa penggunaannya.

“Helm akan tetap harus diganti ketika memang sudah tidak nyaman lagi atau busa tidak mampu mencengram kepala dengan proposional,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.