Pengendara Motor Jatuh dan Nyaris Terlindas Mobil, Hindari Rem Mendadak

Kompas.com - 16/06/2021, 16:01 WIB
Pengendara motor yaris terlintas truk karena berhenti mendadak menggunakan rem depan instagram.com/streetmannersindonesiaPengendara motor yaris terlintas truk karena berhenti mendadak menggunakan rem depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial sebuah rekaman pengendara sepeda motor yang nyaris terlindas mobil karena terjatuh saat melakukan pengereman secara mendadak.

Dalam video berdurasi 12 detik yang diunggah oleh akun Instagram @streetmannersindonesia, terlihat pengendara motor matik berwarna merah tersebut berusaha untuk menghindari pengendara motor yang ada di depannya dengan melakukan pengereman menggunakan rem depan secara mendadak di jalan yang berpasir.

Akibatnya, motor tersebut kehilangan keseimbangan sehingga membuat pengendara motor terjatuh dan nyaris terlindas mobil yang pada saat itu sedang melintas dari arah berlawanan.

Baca juga: Motor 2-Tak Bekas yang Harganya Makin Mahal, Tembus Puluhan Juta Rupiah

Terkait kejadian tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, saat berkendara, rata-rata pengendara motor membiarkan jari tangan kanan menempel di tuas rem depan.

Hal inilah yang biasanya menyebabkan pengendara terjatuh dan mengalami kecelakaan tunggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

“Sebab, jari tangan tersebut akan reflek saat melihat sesuatu yang dianggap bahaya, padahal sangat berisiko melakukan pengereman dengan rem depan pada kondisi jalan licin, berpasir, dan berbatu karena dapat menyebabkan ban slip,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

Agus melajutkan, pada saat berkendara, posisi tangan kanan harus menggenggam penuh grip gas.

Baca juga: Jangan Kaget Kalau Pintu Sebelah Kanan Taksi Tidak Bisa Dibuka

“Begitu pun ketika akan melakukan pengereman, maka harus melakukan dengan empat jari sehingga telapak tangan mendorong ke depan dan membuat gas tertutup rapat sehingga putaran mesin dapat membantu pengereman lebih efektif,” kata dia.

Menurut Agus, kebiasaan jari menempel di tuas rem depan akibat dari pengendara motor kebanyakan belajar secara otodidak.

“Sehingga, kurang paham risiko atau bahaya yang dapat terjadi saat di jalan raya saat berkendara,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.