Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Eksterior Mobil Listrik Mini Toyota C+Pod

Kompas.com - 14/06/2021, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Astra Motor (TAM) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan EV Smart Mobility di Peninsula Island Nusa Dua, Bali, akhir Maret 2021.

EV Smart mobility ini terdiri dari tiga mobil listrik Toyota yang bisa disewa untuk menikmati pariwisata di sekitar Nusa Dua. Salah satu mobil listrik yang bisa disewa di Nusa Dua adalah Toyota C+Pod.

Toyota C+Pod sendiri merupakan mobil listrik mini yang mengakomodasi dua orang. Satu pengemudi dan penumpang tungal.

Pada kesempatan kali ini, Kompas.com bisa mereview satu unit Toyota C+Pod, namun bukan di Nusa Dua, melainkan di markas Toyota, Sunter, Jakarta Utara.

Baca juga: Simak Harga Terbaru Kijang Innova di Surabaya

Toyota C+PodKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota C+Pod

Kali ini, akan sedikit membahas dari sisi eksterior. Pertama untuk soal dimensi, Toyota C+Pod ini terlihat sangat unik karena ukurannya. Misalnya untuk panjang, hanya 2,49 meter lalu lebar 1,29 meter, dan tinggi 1,55 meter.

Kemudian untuk desainnya, dari bagian depan, Toyota C+Pod ini punya tampilan yang futuristis. Memiliki headlamp yang tipis dan sudah memiliki DRL lampu utama LED, hanya bagian sein saja yang masih bohlam.

Dari headlamp-nya yang tipis tadi, semakin membuat tampilan mobil listrik mini ini terlihat ringkas dan minimalis. Apalagi di bagian bumper, ada aksen berwarna hitam yang ditarik ke atas, membuat mobil ini terlihat tidak lebar, namun tinggi.

Baca juga: Resmi, Ini Alasan Pemerintah Perpanjang Insentif PPnBM 0 Persen Hingga Agustus 2021

Toyota C+PodKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota C+Pod

Pada bagian depan ini, hanya ada dua bagian yang bisa dibuka. Pertama ada di balik logo Toyota yang berguna untuk mengisi daya mobil listrik saat habis. Kedua, ada di bagian atas yang berguna untuk melihat komponen ABS dan aki mobil.

Beralih ke bagian samping, sangat terlihat jelas kalau mobil ini tidak lah panjang. Kombinasi warna hitam dan putih dengan stiker merah di bagian tengah membuat mobil ini terlihat unik, bisa menarik perhatian pengguna jalan lain.

Dari bodinya yang kecil, terlihat kalau pintu yang digunakan juga sangat besar. Satu hal yang unik, sistem kacanya baik sisi pengemudi maupun penumpang, masih manual yang ditarik ke bawah untuk membuka dan ke atas untuk menutupnya.

Toyota C+PodKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota C+Pod

Untuk rodanya, menggunakan pelek kaleng yang dibungkus dengan dop yang memiliki desain unik.Pada sisi samping ini juga terlihat ada stiker We love Bali yang menandakan di mana mobil ini seharusnya berada dan disewakan.

Berpindah ke bagian belakang, ada combination lamp yang terdiri dari lampu malam, rem, sein dan mundur. Desainnya juga cukup menarik, disusun secara vertikal yang membuat mobil terlihat ramping, tidak lebar.

Toyota C+PodKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota C+Pod

Kemudian di sisi belakang, bumpernya mengikuti desain bagian depan, di mana ada bagian hitam yang ditarik ke atas. Selain itu, untuk menghemat beban, tulisan TOYOTA dan C+Pod memakai stiker yang ditempel ke bodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com