Ini Syarat dan Cara Balik Nama Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 14/06/2021, 09:12 WIB
sejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat. ari purnomosejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Balik nama kendaraan bermotor jadi hal yang wajib dilakukan bagi masyarakat yang baru mendapatkan kendaraan bekas baik membelinya atau hasil hibah.

Tentunya ini guna memudahkan dalam melakukan pembayaran pajak tahunan maupun 5 tahunan. Sebab saat membayar pajak kendaraan dibutuhkan KTP asli pemilik kendaraan terkait.

Dalam proses balik nama, yang dilakukan pertama kali adalah balik nama untuk Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Setelah itu dilanjutkan dengan balik nama Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 1.2L Bakal Dapat Diskon PPnBm 100 Persen

Untuk dokumen yang perlu disiapkan sebagai syarat balik nama STNK adalah sebagai berikut.

  • STNK asli dan fotokopi
  • KTP pemilik baru asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Kwitansi pembelian dengan materai Rp 10.000
  • Faktur asli dan fotokopi

Ilustrasi STNKShutterstock/Muh. Imron Ilustrasi STNK

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Datang ke Samsat daerah tempat tinggal pemilik baru kendaraan terkait untuk mulai melakukan proses balik nama STNK. Jika kendaraan berasal dari wilayah yang berbeda, maka harus melakukan proses cabut berkas terlebih dahulu di Samsat daerah asal kendaraan.

Selanjutnya adalah tes fisik kendaraan dengan menggesek nomor rangka dan nomor mesin yang dilakukan oleh petugas Samsat. Nantinya petugas akan memberi lembar hasil cek fisik.

Serahkan lembar hasil cek fisik beserta dokumen syarat lainnya ke loket pengesahan cek fisik khusus untuk proses balik nama. Usai divalidasi, ambil kembali berkas-berkas tersebut. Hasil cek fisik dan kwitansi pembelian difotokopi dan disimpan untuk melakukan balik nama BPKB nantinya.

Baca juga: Kode Produksi Ban Kendaraan Bukan Jadi Tanda Kedaluwarsa

Datangi loket pendaftaran balik nama dan berikan berkas-berkas syarat balik nama ke petugas di loket tersebut. Isi formulir yang diberikan. Setelah selesai, tunggu sampai dipanggil kembali oleh petugas.

Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

Nantinya petugas Samsat akan memberi tanda terima bahwa berkas balik nama STNK sedang diproses. BPKB dan KTP asli turut dikembalikan. Umumnya proses balik nama STNK berlangsung beberapa hari.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X