Asyik Video Call Sampai Lupa Tarik Rem Tangan, Mobil Ini Meluncur

Kompas.com - 14/06/2021, 07:02 WIB
mobil meluncur ke jalan instagram.com/dashcamindonesia mobil meluncur ke jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial video singkat memperlihatkan mobil seorang wanita yang meluncur di jalan akibat ceroboh.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia, Minggu (13/6/2021), terlihat seorang wanita berhijab keluar dari mobil berwarna hitam.

Wanita itu terlihat sedang berbincang dengan seseorang menggunakan ponsel yang dipegang di tangan kanan, sambil kemudian menutup pagar.

Baca juga: Ini Kisaran Harga Pasang Central Lock Mobil

Tanpa disadari, mobil hitam yang dia tinggalkan tiba-tiba meluncur ke arah jalan. Wanita tersebut belum menyadari sampai ia menggeser pagar.

Saat ia menengok ke belakang, mobil tersebut sudah meluncur bebas dan menabrak pembatas jalan.

Sontak, wanita itupun langsung mengejar mobilnya. Beruntung, mobil tersebut berhenti dan tidak melukai siapapun karena jalan terlihat sepi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menyarankan, selama parkir pemilik mobil harus mengaktifkan handbrake atau rem tangan setiap hendak turun mobil. 

“Banyak masyarakat yang enggan untuk menggunakan rem tangan saat berhenti lantaran mereka takut akan berpengaruh atau merusak komponen rem tangan. Kalau terlalu lama memang bisa menyebabkan macet, tetapi kalau tidak terlalu lama tidak menjadi masalah,” ujar Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Suparna melanjutkan, pemilik kendaraan sebaiknya menghindari memasukkan gigi perseneling saat mobil terparkir.

Ilustrasi tuas rem tanganStanly/KompasOtomotif Ilustrasi tuas rem tangan

“Ada sebagian pemilik kendaraan percaya dengan menggunakan gigi transmisi untuk menahan gerak mobil bisa memperpanjang usia komponen. Namun, hal itu cukup berbahaya untuk dilakukan,” kata dia.

Baca juga: Harga dan Simulasi Kredit New Carry Pick Up di Surabaya

Pasalnya, kadang pengguna kendaraan tidak teliti melakukan persiapan sebelum menyalakan mesin. Saat distater, mobil bisa tiba-tiba loncat dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Kecuali kalau mobilnya matik memang prosedurnya berbeda, kalau matik posisinya harus pada P. Kalau mobil manual tidak disarankan jika melihat perilaku pengemudi di Indonesia,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.