Komunitas Pencinta Sienta Konsisten Bantu Masyarakat Lawan Covid-19

Kompas.com - 12/06/2021, 17:02 WIB
Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan pada angkutan umum Dok. ToscaToyota Sienta Community Indonesia (Tosca) melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan pada angkutan umum

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah hampir 1,5 tahun pandemi melanda Indonesia. Tak sedikit yang mulai kendur dalam menjaga protokol kesehatan (prokes).

Salah satunya adalah melakukan disinfektasi. Untuk itu, Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan dalam angkutan umum.

Baca juga: Menjaga Kebersihan Motor Selama PPKM, Ini Bagian yang Perlu Disemprot Disinfektan

Pasca tiga minggu setelah libur lebaran, kasus Covid-19 Indonesia naik 53,4 persen. Sebagai bentuk keprihatinan dan mencoba membantu mengurangi penularan virus corona, Tosca melakukan kegiatan sosial ini.

Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan pada angkutan umumDok. Tosca Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan pada angkutan umum

Kegiatan ini diberi nama Tosca Peduli Kebaikan Tanpa Modal dan berlokasi di Ottoban Jatiwaringin. Sebelumnya, para peserta diwajibkan mengikuti swab test antigen. Setelah dipastikan hasilnya negatif dan dalam kondisi sehat, aktivitas penyemprotan disinfektan mulai dilakukan.

Peserta yang ikut juga dibatasi, hanya sebanyak 10 kendaraan member Tosca dan 20 angkutan umum. Tindakan serupa juga bakal segera dilakukan kembali di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Juli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lawan Covid-19, AMMDes Water Tank Beralih Fungsi Semprot Disinfektan

Selain melakukan penyemprotan cairan disinfektan, pihaknya juga membagikan makan siang dan masker kepada pengemudi angkutan umum secara bertahap. Hal itu dimaksudkan agar tidak menimbulkan kerumunan dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan pada angkutan umumDok. Tosca Toyota Sienta Community Indonesia (Tosca) melakukan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan pada angkutan umum

“Kegiatan ini bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19, yang terjadi dalam angkutan umum. Dengan penyemprotan ini, agar masyarakat atau pengguna angkutan umum merasa aman. Apalagi, adanya peningkatan kembali pasien Covid-19 pasca libur Idul Fitri,” ujar Nandang Sugianto, selaku Ketua Umum Tosca, dalam keterangan resmi.

Didy Soenaryadi, Dewan Pembina Tosca, mengatakan, pihaknya menganggap angkutan umum juga berpotensi menjadi lokasi penyebaran Covid-19.

"Selain penyemprotan disinfektan, kami juga membagikan masker dan, serta menghimbau agar sopir dan penumpang agar lebih peduli untuk memakai masker dan jaga jarak dalam angkutan umum,” kata Didy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.