Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Performa Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 07/06/2021, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil di segmen city car sudah banyak pilihannya di Indonesia.

Dari sejumlah mobil yang ditawarkan, ada dua mobil yang patut menjadi pertimbangan, yakni Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion.

Kedua mobil ini sama-sama bertarung di kelas city car, tetapi dengan kapasitas mesin yang sedikit berbeda. Daihatsu Sirion mengusung mesin 1.3 L, sedangkan Honda Brio RS berkubikasi 1.2 L.

Selisih harga yang ditawarkan untuk kedua mobil juga lumayan jauh. Untuk Daihatsu Sirion 1.3 M/T dibanderol dengan harga Rp 201,75 juta, sedangkan untuk tipe A/T Rp 217,8 juta.

Adapun Brio RS dibanderol dengan harga mulai Rp 184,9 juta untuk tipe manual, sedangkan untuk tipe CVT dibanderol dengan harga Rp 200,3 juta.

Baca juga: Lagi, Moge Kena Razia Knalpot Bising

Sekarang mari kita bahas soal dapur pacunya.

Soal urusan perfoma, Daihatsu Sirion menggunakan mesin berkubikasi 1.329 cc DOHC, tetapi dapur pacu ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan ada juga pilihan transmisi matik.

Di atas kertas, dapur pacu Daihatsu Sirion mampu memuntahkan tenaga 93,7 tk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 12.2 Kgm pada 4.200 rpm.

Daihatsu Sirion ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT

Selain itu, Daihatsu Sirion menggunakan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection dengan jenis bahan bakar Unleaded Petrol. Kapasitas tangki mobil Daihatsu Sirion sendiri mencapai 36 liter.

Adapun Honda RS mengusung mesin 1.199 cc SOHC 4-silinder i-VTEC yang dikawinkan dengan tranmsisi manual 5 percepatan atau CVT.

Dengan kapasitas mesin tersebut, Honda Brio RS mampu memuntahkan tenaga sebesar 88 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm.

Selain itu, konsumsi bahan bakar Brio RS bisa dibanggakan lantaran tipikal mobil perkotaan dengan mesin tak sampai 1.500 cc. Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri mencapai 35 liter.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Begini Cara Membaca Nomor Rangka Mobil

Artinya, untuk sektor performa Daihatsu Sirion lebih unggul 5,4 dk dibandingkan dengan Brio RS. Kendati demikian, soal konsumsi bahan bakar Honda Brio RS diklaim lebih irit dibandingkan dengan Daihatsu Sirion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com