Banyak yang Belum Tahu, Begini Cara Membaca Nomor Rangka Mobil

Kompas.com - 07/06/2021, 13:23 WIB
Ilustrasi rangka (sasis) dan bodi mobil. AutomobilesReview.comIlustrasi rangka (sasis) dan bodi mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nomor rangka sejatinya terpasang di setiap mobil. Namun, pada kenyatannya masih banyak orang yang belum tahu fungsi dari nomor tersebut.

Nomor rangka mobil ternyata tidak hanya sebatas kode yang terjadi dari huruf dan angka yang berjumlah 17 saja.

Kode dibuat sesuai dengan standar internasional yang berisi tentang sejumlah informasi mengenai mobil tersebut. Kode ini juga dikenal dengan nama Vehicle Identification Number atau VIN.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi dan Jadwal SIM Keliling di Yogyakarta Bulan Ini

“Letak atau posisi nomor rangka setiap mobil atau pabrikan tidak sama, ada yang di sasis, di bagian bodi, di bawah jok depan, atau tempat lainnya,” Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi kepada Kompas.com, Senin (7/6/2021).

Dilansir dari laman Facebook PT Jasa Raharja Persero menyebutkan, di dunia terdapat beberapa format standar VIN yang digunakan.

Misalkan di Indonesia yang mengacu pada stanar ISO 3779. VIN menurut ISO 3779 terdiri dari 17 digit yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu 3 digit pertama WMI (World Manufacture Identifier), digit ke 4-9 VDC (Vehicle Descriptor Section) dan 8 digit terakhir adalah VIS (Vehicle Identifier Section).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai contoh misalnya nomor rangka kendaraan adalah “M H Y K Z E 8 1 S C J 1 5 4 0 4 5”

-3 digit pertama adalah WMI (World Manufacture Identifier) yang menunjukkan identitas produsen kendaan : MHY

-Digit ke 4-9 adalah VDS (Vehicle Descriptor Section) : KZE81S

-8 digit terakhir adalah VIS (Vehicle Identifier Section : CJ115045

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil New Mini Cooper Countryman di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja menyelesaikan perakitan mobil New Mini Cooper Countryman di pabrik BMW Production Network 2, PT Gaya Motor, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018). Edisi pertama yang dirakit terdiri dari dua varian, yakni MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.