Sedikit Kecewa, Vinales Pasrah Kepala Mekaniknya Diganti

Kompas.com - 04/06/2021, 10:42 WIB
Maverick Vinales Foto: YamahaMaverick Vinales

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha belum lama ini mengumumkan perubahan di kubbu Maverick Vinales. Kepala mekaniknya sekarang sudah bukan Esteban Garcia lagi.

Mulai pada MotoGP Catalunya 2021, Vinales akan bekerja sama dengan mantan kepala mekanik Valentino Rossi, yakni Silvano Galbusera.

Garcia merupakan kepala mekanik yang membawa Vinales hingga meraih juara dunia Moto3 2003. Keduanya dipertemukan lagi pada 2019.

Baca juga: Marquez Akui Sengaja Buntuti Vinales Saat Kualifikasi Demi Waktu

Vinales mengatakan, Garcia tidak dapat membawa dirinya ke hasil yang maksimal pada empat seri belakangan ini. Garcia juga dinilai gagal membawa Vinales podium sejak kemenangan pada MotoGP Qatar.

Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales rides during a qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales rides during a qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Setelah berdiskusi dengan Yamaha, akhirnya pabrikan Jepang tersebut memutuskan untuk mengganti kepala mekanik Vinales. Meskipun, keputusan tersebut sedikit melukainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya bicara dengan Esteban mengenai ini, karena pertama-tama, dia adalah teman saya. Kami punya hubungan yang sangat baik, saya sangat tahu dirinya," ujar Vinales, dikutip dari Motorsport.com, Jumat (4/6/2021).

Vinales menambahkan, hubungan keduanya tetap berlanjut, meskipun sudah tidak berada dalam satu tim lagi. Garcia adalah teman Vinales, dan perubahan ini membuatnya turut terluka.

Baca juga: Ribut dengan Netizen, Maverick Vinales Tutup Akun Twitter

"Tapi di sisi lainn, saya sangat mengerti bahwa kami butuh untuk tampil maksimal, kami punya rekan setim yang menang dan kami hanya finis 10 besar," kata Vinales.

Vinales menyebutkan, tugas yang sekarang adalah mencari keseimbangan terbaik pada motor. Sebab, hal tersebut yang sulit sekali didapatkan pada tiga seri terakhir ini.

Maverick Vinales saat balapan di MotoGP Qatar 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Maverick Vinales saat balapan di MotoGP Qatar 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Terkadang bagi saya, ini cukup tidak diduga dan cepat. Tapi, Yamaha ingin saya untuk memberikan yang maksimal," ujar Vinales.

Galbusera sendiri dipindahkan ke tim test rider untuk di Eropa. Sebelumnya, dia dinilai gagal membawa Rossi untuk meraih banyak podium atau kemenangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.