Yamaha Dukung Penggolongan SIM C Motor

Kompas.com - 02/06/2021, 13:21 WIB
Yamaha YZF-R6 terbaru dalam penggalan video resmi. captured from YouTubeYamaha YZF-R6 terbaru dalam penggalan video resmi.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha mendukung langkah kepolisian yang akan menggolongkan SIM C atau SIM untuk mengendarai sepeda motor jadi tiga kelas berdasarkan kubikasi.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, penggolongan SIM C untuk motor merupakan hal yang positif.

Baca juga: Resmi Naik, Ini Harga Lengkap Daihatsu Rocky Mulai Juni 2021

"Mengenai aturan SIM berdasarkan kubikasi, positif-positif saja. Artinya pemerintah melalui kepolisian sudah semakin fokus kepada pengguna motor, termasuk mengenai aturan dan penggunaannya," katanya kepada Kompas.com, Senin (31/5/2021).

Empat skutik Maxi Yamaha yang terdiri dari TMAX, XMAX, NMAX, dan Aerox.Kompas.com/Alsadad Rudi Empat skutik Maxi Yamaha yang terdiri dari TMAX, XMAX, NMAX, dan Aerox.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian (Perpol) No 5 tahun 2021, SIM C akan dibedakan tiga golongan berdasarkan kubikasinya yaitu C untuk motor kurang dari 250 cc, CI yakni 250 cc - 500 cc dan listrik, dan CII yakni lebih dari 500 cc dan listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena membawa motor < 250cc dengan > 250 atau >500, pasti pengendaliannnya berbeda sehingga membutuhkan keahlian khusus. Tentunya pasti akan ada tes khusus untuk golongan-golongan SIM tersebut," katanya.

Anton mengatakan, penggologan SIM berdasarkan kapasitas mesin untuk motor bukan hal yang baru. Banyak negara lain yang menerapkan hal tersebut.

Baca juga: Resmi Naik, Ini Harga Lengkap Daihatsu Rocky Mulai Juni 2021

Yamaha WR 155RKompas.com/Donny Yamaha WR 155R

"Dan ini sebenarnya juga sudah berlaku di negara-negara lain yang menerapkan SIM motor berdasarkan kubikasi, seperti di Jepang sendiri yang membagi berdasarkan kubikasi," katanya.

Anton mengatakan, selama ini pihaknya juga terus berusaha meningkatkan kemampuan berkendara konsumen Yamaha lewat program safety riding yang dijalankan perusahaan.

"Untuk program sendiri, Yamaha sudah memiliki program safety riding melalui Yamaha Riding Academy (YRA). Dan sudah pernah kita lakukan untuk pemilik moge (motor besar)," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.